Benedict Anderson. (Foto: tempo)
Benedict Anderson. (Foto: tempo)

MALANGTIMES - Upacara pesemayaman Benedict Richard O' Gorman Anderson, seorang Indonesianis, dan penulis buku diselenggarakan pada Selasa besok, (15/12/2015). Benedict tutup usia Sabtu (12/12/2015 kemarin, 12 Desember pada usia 79 tahun.

Saat ini jenazah Benedict masih disemayamkan di Yayasan Adi Jasa, Surabaya. Tepatnya di ruang VVIP. Jenazahnya masuk ke tempat pesemayaman pukul 11.00 WIB.

Salah seorang petugas Yayasan Adi Jasa, Hari M mengungkapkan, untuk sementara memang tidak ada kegiatan di tempat itu. "Resepsinya atau upacaranya itu baru tanggal 15 Desember nanti," terangnya.

Sementara pihak keluarga ketika hendak dikonfirmasi masih belum berkenan untuk diwawancarai. "Jangan sekarang wawancaranya, saya masih belum bisa," kilah salah seorang kerabat yang Benedict yang tak mau menyebutkan namanya.

Sebelumnya, Benedict meninggal di Batu, Malang, Jawa Timur. Benedict tutup usia saat menginap di salah satu hotel di Malang.

Benedict merupakan salah seorang Indonesianis, dan banyak menulis buku yang cukup terkenal. Di antaranya Imagined Communities, serta Revolusi Tiga Bendera.

Perjalanan karir Benedict, diawali pada tahun 1966 dan 1984. Saat itu dia menjadi editor Jurnal Interdisipliner Indonesia. Selain di Indonesia, pada tahun 1970 Benedict juga menjadi pakar untuk regional Asia Tenggara.

Sejumlah pendapat kritisnya membuat Benedict sempat dilarang masuk ke Indonesia pada masa pemerintahan Orde Baru di era Presiden Soeharto. Namun, setelah itu dia bisa masuk kembali ke Indonesia. (*)