Tingkatkan Kualitas, Unisma Laksanakan Penelitian Dampak MBKM Terhadap Performa Mahasiswa

Dec 27, 2021 17:30
Forum Grup Diskusi Unisma dalam rangka penelitian tentang dampak implementasi program MBKM terhadap performa mahasiswa Unisma (Foto: Ist)
Forum Grup Diskusi Unisma dalam rangka penelitian tentang dampak implementasi program MBKM terhadap performa mahasiswa Unisma (Foto: Ist)

JATIMTIMES - Tim peneliti Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan penelitian tentang dampak implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) terhadap performa mahasiswa Unisma. Hal ini merupakan bagian dari program dana hibah penelitian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi  (Kemendikbud Ristek).

Tim terdiri dari Dr Ir Anis Sholihah MP sebagai Ketua dan Dosen Fakultas Pertanian, dengan anggota Dr Ena Marlina ST MT, Dosen Fakultas Teknik dan Dr Fita Mustafida, MPd Dosen Fakultas Agama Islam.

Untuk menghasilkan luaran penelitian, tim utama membuat tim pendukung. Sasaran responden adalah seluruh mahasiswa tiap prodi yang memiliki pengalaman mengikuti program MBKM. Kegiatan dimulai dari pembuatan kuesioner, sosialisasi program MBKM, pengisian kuesioner, Forum Group Discussion (FGD) penulisan artikel untuk publish jurnal bereputasi, FGD penyusunan buku antologi esai bagi mahasiswa, diakhiri dengan Rapat Koordinasi tim.

Kegiatan sosialisasi program MBKM dilaksanakan secara daring dengan peserta para dosen dan mahasiswa Unisma. Kegiatan tersebut memaparkan tentang teknis pelaksanaan MBKM yang sudah berjalan dan yang akan berjalan.

Selanjutnya, form kuesioner disebarkan secara masif dan intensif. Sehingga semua mahasiswa yang terlibat MBKM mengisi kuesioner. Hasil data kuesioner selanjutnya dianalisa oleh tim peneliti untuk dijadikan data luaran berupa artikel, dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

"Untuk menghasilkan luaran yang bagus, tim mengadakan dua kegiatan FGD. FGD pertama adalah acara diskusi kelompok forum terkait tips dan trik dalam membangun gagasan ilmiah untuk publikasi di jurnal bereputasi. Hal ini sebagai luaran penelitian dan pengabdian MBKM," tuturnya Anis.

1

Pemateri pertama, Prof Dr Ahmad Taufiq SPd MSi menyampaikan pentingnya publikasi luaran penelitian dan pengabdian MBKM dalam jurnal internasional bereputasi. Hal itu dengan menggali salah satu draft artikel yang akan dipublikasikan dalam jurnal internasional secara detail, mulai dari penulisan judul yang tepat serta ada pembeda yang khusus ada di Indonesia seperti kondisi demografi, penduduk, kompleksitas budaya dan agama. Kompleksitas tersebut dapat menjadi pembeda artikel serta kurikulum MB-KM yang merupakan kurikulum baru sehingga menambah kebaruan artikel. 

Selanjutnya, pemateri kedua Dr Ena Marlina ST MT0 memaparkan tentang teknis penulisan artikel agar siap untuk dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. FGD kedua terkait penyusunan buku antologi esai bagi mahasiswa Unisma agar menjadi manusia yang mandiri dan menginspirasi, dalam bentuk implementasi MB-KM. 

FGD tersebut, menghadirkan pemateri Indhra Musthofa, M Pd I dan Lo e Laksono, MPd. Pemateri memaparkan tentang teknis penulisan artikel atau esai agar siap untuk dipublikasikan dalam dalam bentuk buku antologi esai. Pemateri sekaligus mengambil contoh draft esai mahasiswa untuk digali setiap komponen penulisan esai secara detail. 

"Kegiatan dengan kegiatan Rapat Koordinasi semua tim untuk menyelesaikan luaran penelitian," paparnya.

Terdapat 4 artikel yang akan di publikasikan di jurnal bereputasi di mana 3 diantaranya jurnal international bereputasi. Hasil penelitian di ajukan dalam HKI sebanyak empat draft untuk di patenkan, salah satunya buku Esai. 

Selain itu, hasil esai penulisan mahasiswa di ajukan untuk cetak buku dan ISBN dengan tema “Mahasiswa merdeka: menjadi manusia mandiri dan menginspirasi” dan tema kedua “Mahasiswa merdeka: transformasi generasi masa depan”. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kampus merdeka belajarUniversitas Islam MalangKampus UnismaMahasiswa Unismapenelitian unismaBerita MalangBerita Jatim.

Berita Lainnya

Berita

Terbaru