Pasar Besar Kota Batu Dirobohkan, Pembangunan Senilai Rp 199 Miliar Segera Dimulai

Dec 26, 2021 16:48
Petugas saat melakukan pembongkaran di Unit 4 di Pasar Induk Kota Batu, Minggu (26/12/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat melakukan pembongkaran di Unit 4 di Pasar Induk Kota Batu, Minggu (26/12/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pasar Besar Kota Batu mulai dibongkar, Minggu (26/12/2021). Terlihat sejumlah petugas merobohkan kios dimulai pada unit 4 di bagian depan. Atap-atap terbuat dari seng sudah diturunkan, dan sebagian dinding-dinding kios pun sudah dibongkar.

Pada pelaksanaan pembongkaran bangunan ini, terdapat 18 orang. “Untuk hari ini kami menurunkan 18 pekerja. Kami nanti juga akan tambah lagi SDM tenaga hingga 40 orang,” kata perwakilan dari pemenang lelang bongkaran Pasar Besar Kota Batu, Zubaedi.

Nantinya pengerjaan pemerataan ini lanjut Zubaedi, akan berlangsung dalam kurun waktu 2 bulan. Selama dua bulan itu akan meratakan bangunan Pasar seluas 4 ribu meter. “Kami bongkar sesuai perencanaan, mungkin maksimal sampai 2 bulan,” tambah Zubaedi.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu Eko Suhartono menambahkan, pemerataan bangunan pasar akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan ke depan. “Untuk memulai di unit 4 ada sekitar 371 kios,” ucap Eko.

Kemudian pemerataan selanjutnya akan dimulai pada unit 3 dan unit 5. Di 2 unit tersebut ada sekitar 487 kios yang akan dibongkar.

Sedang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengumumkan pemenang tender pembangunan Pasar Induk Kota Batu. Yang dimenangkan oleh PT Sasmito dari Surabaya.

Pengumuman itu telah diinformasikan melalui halaman lpse.pu.go.id. Terlihat nama tender pembangunan Pasar Induk Kota Batu, dengan jenis pengadaan pekerjaan konstruksi, K/I.PD, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Satuan kerja, pelaksanaan prasarana permukiman wilayah II Provinsi Jatim. Dengan pagu, Rp 199.987.540.000.00, dan HPS Rp 199.987.540.000.00. Di sana juga tertera alamat pemenang PT Sasmito, YXP BLOK PSI – 8 /OI, Penjaringan Sari, Rungkut Surabaya Jawa Timur.

Topik
Pasar Besar Kota Batupkb tubanEko Suhartono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru