Bonus Atlet Kabupaten Malang yang Raih Medali di PON XX Papua Cair 2022

Dec 25, 2021 15:30
Kepala Dispora Kabupaten Malang Nazarudin.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala Dispora Kabupaten Malang Nazarudin.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bonus bagi atlet Kabupaten Malang yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional XX Papua lalu akan diserahkan pada tahun 2022 mendatang. Bonus tersebut diberikan kepada sejumlah atlet Kabupaten Malang yang berhasil menyumbang medali bagi Provinsi Jawa Timur di event bergengsi tersebut.

Hal itu juga disampaikan melalui surat dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang Nomor 427/1065.35.07.102/2019 perihal pemberitahuan kepada peraih medali pada PON XX Papua.

Di dalam surat yang ditandatangani Kepala Dispora Kabupaten Malang Nazarudin Hasan itu, disebutkan bahwa belum diserahkannya bonus bagi atlet peraih medali PON XX Papua karena belum dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

"Iya karena kami kan masukkan ke anggaran 2022. Sama juga provinsi (Jawa Timur), kan juga di tahun 2022 bonusnya," ujar Nazar, Sabtu (25/12/2021).

Menurut Nazar, keputusan pemberian bonus tahun 2022 diambil karena engalokasian bonus  tidak bisa dianggarkan melalui mekanisme perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2021 lalu. Jadi, bonus harus dianggarkan pada APBD tahun anggaran 2022.

"Prediksi saya kan nggak masuk di DPA (dokumen pelaksanaan anggaran)-nya Dispora, tapi ternyata masuk di DPA-nya Dispora. Terpaksa ya di tahun 2022," imbuh Nazar.

Sementara itu, jumlah alokasi anggaran untuk bonus bagi atlet tersebut kurang lebih  Rp 400 juta. Dan dirinya juga belum dapat memastikan pada bulan apa bonus tersebut akan dicairkan  tahun 2022 mendatang. "Kalau jumlahnya hampir Rp 500 juta. Rp 400 juta sekian begitu," terang Nazar.

Dirinya memperkirakan bahwa bonus tersebut baru dapat dicairkan paling lama Maret 2021. Hal itu lantaran saat ini anggaran Dispora yang sudah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang masih dievaluasi di tataran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim).

"Paling lama mungkin  Maret. Atau mungkin bisa saja bulan Februari. Tapi kalau  Januari bisa selesai, ya bisa segera kami proses," pungkas Nazar.

Sementara itu, sebagai informasi, dari 45 atlet Kabupaten Malang yang diberangkatkan untuk berlaga di ajang PON XX di Papua 2021, Kabupaten Malang berhasil menyumbang 39 medali untuk Provinsi Jawa Timur. Rinciannya, 16 emas, 14 perak dan 9 perunggu.

Semua medali tersebut disumbangkan oleh 27 atlet dari 14 cabang olahraga (cabor). Yakni selam, panahan, senam artistik, menembak, atletik, catur, dayung rowing, basket, paralayang, hoki ruangan, kempo, gulat, sepak bola dan terbang layang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
atlet Kabupaten MalangBonus PON PapuaDispora Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru