Diduga karena Korsleting Listrik, Bangunan Rumah Lantai 2 di Samaan Hangus Terbakar

Dec 25, 2021 10:53
Kobaran api dari kebakaran rumah yang berada di Jalan Tirtagangga Dalam RT 09/RW 02, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (24/12/2021) malam. (Foto: UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang)
Kobaran api dari kebakaran rumah yang berada di Jalan Tirtagangga Dalam RT 09/RW 02, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (24/12/2021) malam. (Foto: UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang)

JATIMTIMES - Kebakaran bangunan rumah kembali terjadi di Kota Malang. Kali ini menyasar bangunan lantai dua di salah satu rumah yang terletak di Jalan Tirtagangga Dalam RT 09/RW 02, Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

Berdasarkan informasi yang diterima JatimTIMES.com, kejadian kebakaran bangunan rumah lantai dua tersebut terjadi pada hari Jumat (24/12/2021) malam sekitar pukul 21.55 WIB. 

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang Muhammad Teguh Budi Wibowo mengatakan, berdasarkan informasi awal yang diterima penyebab kebakaran diduga karena adanya korsleting listrik pada bangunan rumah tersebut. 

"Kita dapat laporan di situ, kalau info awalnya penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik," ungkap Teguh kepada JatimTIMES.com, Sabtu (25/12/2021). 

Dalam proses pemadaman yang berlangsung 53 menit, pihaknya membutuhkan 10 ribu liter air dengan menerjunkan setidaknya 18 personel dan kekuatan lima unit mobil pemadam kebakaran. 

Saat pemadaman, Teguh mengaku personelnya sempat mengalami kesulitan. Pasalnya, letak rumah tersebut berada di tempat pemukiman padat penduduk. "Jalan untuk masuk ke sana cukup sempit dan hanya cukup satu mobil dan banyak parkir di situ," kata Teguh. 

Selain itu, ketika akan pelaksanaan pemadaman anggota pemadam kebakaran harus melewati kediaman tetangga dari pemilik rumah yang kebakaran ketika akan menggelar selang. 

"Saat kita mau menggelar selang itu juga kesulitan karena rumah itu di belakang sendiri jadi harus melewati rumah orang untuk menggelar selang. Jadi cukup kesulitan kemarin karena cukup sempit kemarin," terang Teguh. 

Sementara itu, akibat dari kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa. Hanya saja bangunan lantai 2 yang terdampak seluas 8x5 meter persegi dan hanya menyisakan bangunan tembok. Pasalnya, menurut Teguh bangunan lantai 2 tersebut masih proses pembangunan. 

"Rumah itu dak nya dak kayu. Jadi pas lantai 2 semuanya, menyisakan satu tembok di depannya saja. Untuk yang atap habis. Lantai 1 nggak terkena, cuma terkena imbas dari air pemadaman," tutur Teguh.

Topik
kebakaran kota malangpemadam kebakaran kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru