Terkumpul Rp 21,6 Milyar dan Bantuan 1.000 Unit Huntara Untuk Pengungsi Semeru

Dec 24, 2021 09:40
Data Baznas Lumajang (Foto : Baznas Lumajang)
Data Baznas Lumajang (Foto : Baznas Lumajang)

JATIMTIMES - Donasi untuk pembangunan Hunian Sementara (Huntara) bagi pengungsi Semeru Lumajang terus mengalir dari seluruh tanah air.

Sampai dengan hari ini, Jumat (24/12), dana yang terkumpul di Baznas Lumajang tercatat Rp 21.660.610.710.

Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi mengatakan, donasi untuk pembangunan Huntara dipastikan akan terus mengalir dari berbagai organisasi dan mayarakat dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Kita masih terus membuka donasi ini, karena disamping untuk membangun huntara itu sendiri, juga memerlukan pembangunan infrastrukrur seperti jalan, jaringan listrik, air, dan fasilitas sosial lainnya, seperti masjid dan lembaga pendidikan," kata Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi kepada Jatimtimes, pagi ini.

Sesuai dengan kebutuhan pengungsi, diperlukan sedikitnya 2.900 huntara di lokasi yang sudah disiapkan Pemkab Lumajang, yang memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai.

Disamping dalam bentuk uang tunai, sudah ada sejumlah lembaga yang akan menyumbang dalam bentuk huntara.

"Sampai sekarang yang masuk ke kita sudah ada 1.000 unit huntara yang akan dibangun langsung oleh penyumbangnya. Namun tetap dibawah koordinasi Pemkab Lumajang, agar bentuk dan kualitasnya sama," ujar Atoh Hasan Sanusi.

Sementara sumbangan itu sendiri sebagian besar dari sejumlah lembaga, termasuk Pemkab dan Pemkot, juga dari Baznas di sejumlah daerah di Indonesia.

Donasi yang sama juga diberikan oleh masyarakat yang memiliki inisiatif menggalang donasi dan hasilnya diserahkan kepada Baznas Lumajang.

"Untuk jumlahnya setiap saat kita update agar masyarakat juga tahu tentang jumlah dana yang sudah terkumpul," jelas H. Atok Hasan Sanusi.

Topik
pengurusan dokumen kependudukanrumah hunian s ementara korban gempakorban gempa tempursariBaznas LumajangKetua Baznas LumajangBupati LumajangCak Thoriqrahasia kematianBerita Lumajang hari Ini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru