Sebagian Warga di Desa Supiturang Sudah Ada yang Kembali ke Rumahnya

Dec 23, 2021 18:21
Bupati Malang HM. Sanusi bersama petugas BPBD Jatim saat meninjau lokasi terdampak di Dusun Sumbersari Desa Supiturang.(Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Bupati Malang HM. Sanusi bersama petugas BPBD Jatim saat meninjau lokasi terdampak di Dusun Sumbersari Desa Supiturang.(Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Penanganan terhadap wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) lalu masih terus dilakukan. Salah satunya seperti yang dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. 

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, bahwa saat ini timnya fokus pada penanganan pembersihan rumah warga dan tempat ibadah yang terdampak erupsi. Baik karena awan panas guguran atau lahar dingin.

"Pembersihan dengan penyemprotan. Kami fokus di satu desa. Di Desa Supiturang (Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang)," ujar Sadono, Kamis (23/12/2021). 

Sadono menyebut bahwa secara umum saat ini kegiatan penanganan di wilayah Desa Supiturang sudah relatif melandai. Dan personel yang ditugaskan di desa tersebut juga berangsur dikurangi. 

"Hanya 4 personel untuk saat ini," tegas Sadono. 

Hal itu juga mengingat dalam 1 pekan terakhir ini, Kabupaten Malang sedang dalam masa darurat. Sebab, dari catatan BPBD Kabupaten Malang, terjadi beberapa bencana dalam waktu 1 minggu terakhir ini. 

"Ya Ada longsor, banjir dan puting beliung. Di Singosari juga ada. Dan memang kondisinya seperti itu, pengaruh iklim dan curah hujan yang tinggi," terang Sadono. 

Sementara itu, dari laporan yang ia terima, untuk di wilayah Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, saat ini sebagian warga sudah ada yang kembali ke rumahnya masing-masing. Hal itu lantaran pemerintah setempat juga tengah melakukan persiapan untuk relokasi. 

"Sudah banyak yang kembali. Tapi untuk warga yang rumahnya ambruk atau rusak parah ya tidak. Karena sekarang kan juga persiapan relokasi, tapi itu dilakukan Pemkab Lumajang. Kami hanya penanganan saja," pungkas Sadono. 

Topik
erupsi gunung semerurahasia kematianBPBD Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru