Tahun Depan, Pemkot Malang Bakal Tambah Kuota Penerima Beasiswa bagi SMA/SMK dan Mahasiswa

Dec 23, 2021 16:30
Suasana pengarahan/Motivasi oleh Wali Kota Malang Sutiaji kepada penerima beasiswa tahun 2021 di Mini Block Office Balai Kota Malang, Kamis (23/12/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana pengarahan/Motivasi oleh Wali Kota Malang Sutiaji kepada penerima beasiswa tahun 2021 di Mini Block Office Balai Kota Malang, Kamis (23/12/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Program beasiswa dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kepada siswa-siswi sekolah SMA/SMK dan mahasiswa masih berjalan. Bahkan, tahun depan, rencananya kuota penerima beasiswa akan ditambah.

Hal itu disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji dalam kegiatan Pengarahan/Motivasi Wali Kota Malang bagi Penerima Beasiswa Tahun 2021 di Mini Block Office Balai Kota Malang, Kamis (23/12/2021).

Tahun 2021, data total penerima beasiswa dari Pemkot Malang sebanyak 130 anak. Yakni, 70 siswa SMA/SMK dan 60 merupakan mahasiswa asal Kota Malang.

"Ada tambahan kuota penerima beasiswa. Kalau sekarang 130, tahun depan menjadi 218 kuotanya," ujar Sutiaji.

Jumlah penambahan kuota tersebut terbagi atas sebanyak 98 mahasiswa Perguruan Tinggi, dan 110 siswa SMA/SMK di Kota Malang. Dikatakan Sutiaji, pemberian beasiswa ini sudah dilangsungkan selama 2 tahun terakhir.

Dari bantuan beasiswa ini, menurutnya telah banyak membantu para anak-anak kurang mampu di Kota Malang. Dimana untuk setiap satu mahasiswa, nominal beasiswa yang diberikan setiap bulannya senilai Rp 2 Juta. Sedangkan bagi siswa-siswi SMA/SMK, per orang diberikan senilai Rp 440 ribu setiap bulannya.

Mahasiswa maupun siswa-siswi SMA/SMK penerima beasiswa ini pun merupakan yang telah terpilih. Yaitu, mereka yang memiliki prestasi, dan merupakan warga kurang mampu.

"Beasiswa ini kan sudah berlaku 2 tahun ini, ternyata luar biasa anak-anak merasa terbantu. Jadi mereka ini yang memiliki prestasi bagus ada yang miliki IPK 3,9 itu luar biasa. Dan memang basicnya orang nggak mampu," terangnya.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Sosial (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Malang Achmad Mabrur mengungkapkan, pemberian beasiswa ini bentuk mensupport pendidikan bagi para siswa-siswi maupun mahasiswa berprestasi dan membutuhkan. Sehingga, kegiatan pembelajaran anak-anak di Kota Malang terjamin.

"Pembinaan ini juga bentuk dorongan semangat agar mereka (penerima beasiswa) lebih giat dalam melakukan pembelajaran menuntut ilmu di sekolah dan di perguruan tinggi masing-masing," ungkapnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Wali Kota Malang SutiajiBeasiswa Pemkot MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru