Malangtimes

Jelang Akhir Tahun, Harga Telur Merangkak Naik

Dec 23, 2021 13:26
Telur. (Foto: source google).
Telur. (Foto: source google).

JATIMTIMES - Jelang pergantian tahun 2021, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan. Minyak goreng dan cabai menjadi komoditas yang masih melonjak hingga saat ini.

Kini, telur negeri juga ikut mengalami lonjakan harga. Jika sebelumnya harga per kilogramnya berkisar Rp 20 ribu, saat ini harga telur mencapai Rp 26 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Oro-Oro Dowo, Kota Malang, Yanti, mengungkapkan, kenaikan harga telur ini sudah berjalan dalam sepekan terakhir. Itu pun bertahap hingga mencapai Rp 26 ribu per kilogramnya.

"Dulu waktu harga anjlok Rp 16 ribu itu, terus stabil di harga Rp 20 ribu per kilogram. Tapi ini sudan seminggu harganya naik terus sampai sekarang Rp 26 ribu per kilogram," ungkapnya.

Tak hanya jenis telur negeri. Telur ayam kampung pun ikut mengalami kenaikan harga. Sebelumnya seharga Rp 1.500 per butir, kini naik menjadi Rp 2 ribu per butir. Menurut Yanti, naiknya harga telur ini lantaran banyak masyarakat yang langsung membeli telur dari penyuplai.

“Kalau kata penyuplainya itu karena banyak orang cari telur langsung dibsana. Jadi, harganya itu naik," terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang Sapto Wibowo mengatakan, adanya kenaikan telur karena  tingginya permintaan pada momen mendekati Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Ritmenya (jelang Nataru) seperti itu ya. Jadi, terlihat itu kenaikannya karena permintaannya tinggi," katanya.

Namun, Sapto meprediksi kenaikan harga telur ini akan berangsur kembali normal usai masa Tahun Baru 2022 mendatang. Apalagi, naiknya komoditas tersebut sejatinya karena adanya momen yang menjadikan permintaan pasar meningkat.

"Ini berlaku hukum ekonomi. Permintaan tinggi, harganya naik. Kami perkirakan nanti setalah tahun baru, harga telur bisa turun kembali," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru