Genjot Minat Baca Siswa, Tiap Sekolah di Kota Malang Diminta Urus Akreditasi Perpustakaan

Dec 23, 2021 12:41
Plt Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang Suwarjana. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Plt Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang Suwarjana. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Memacu minat baca khususnya bagi siswa-siswi sekolah menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Penguatan literasi dengan rajin membaca kiranya juga perlu dibarengi sarana prasarana yang memadai.

Karena itulah, setiap instansi pendidikan -mulai SD hingga SMP- di Kota Malang diminta untuk mengurus akreditasi perpustakaan sekolah. Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang Suwarjana.

Menurut Suwarjana, program ini memang baru digetolkan di Kota Malang mulai tahun 2021. Namun cukup membuahkan hasil yang signifikan.

"Memang akreditasi perpustakaan di sekolah baru saya gebrak tahun ini. Saya kaget. Ternyata dulu-dulu banyak sekolah yang belum mengurus akreditasi perpustakaan," ujarnya.

Dari sekolah yang mengajukan, hingga menjelang akhir tahun 2021 ini, total sudah 364 perpustakaan sekolah yang terakreditasi. Menurut Suwarjana, kimi tinggal menyisakan 5 persen perpustakaan SD-SMP di Kota Malang yang diminta segera mengurus proses tersebut.

"Yang sudah teralreditasi 364, itu kategori A, B , dan C. Insya Allah sisanya tinggal 5 persen akan kita segerakan. Dan tinggal yang pengembangan misal dari alreditasi C bisa naik ke B atau langsung ke A," jelasnya.

Suwarjana mengatakan,  pengajuan akreditasi ini  tidaklah sulit. Tetapi, ada persyaratan-persyaratan ketat yang harus dipenuhi oleh lembaga pendidikan. Misalnya, ketentuan jumlah buku, yang harus disesuaikan denyan ketentuan perpustakaan Nasional.

"Nggak juga kalau sulit (pengurusan akreditasi perpustakaan sekolah). Cuma kan harus ada jumlah sekian judul buku. Dan juga ketentuan perpustakaan nasional. Saya rasa untuk sekolah negeri tidak berat, tapi kalau untuk Yayasan mungkin agak berat," terangnya.

Dengan pengurusan ini, pria yang juga menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang ini menyebut, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan status akreditasi perpustakaan sekolah di Kota Malang semuanya di kategori A.

"Memang masih banyak yang C, tapi tidak masalah. Seperti yang dikatakan Pak Eali (Wali Kota Malang Sutiaji), dimulai dulu, untuk menggugah dulu. Tapi harus ada percepatan. Baru nanti merangkak sampai akreditasi A," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota MalangPerpustakaan Sekolahsekolah di Kota MalangAkreditasi perpustkaan sekolah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru