Heboh Serangan Giring ke Sosok Pecatan Jokowi hingga Trending, Seperti Apa Reaksi Presiden? 

Dec 23, 2021 10:31
Ketua Umum PSI Giring Ganesha (Foto: IST)
Ketua Umum PSI Giring Ganesha (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ketua Umum PSI Giring Ganesha kembali menjadi sorotan publik. Bahkan, tagar #Giring menjadi trending topic Twitter pada Kamis (23/12/2021) pagi. 

Diketahui, Giring sempat menyinggung sosok pecatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara puncak HUT ke-7 PSI. Giring menyebut sosok pecatan Jokowi itu tidak layak untuk memimpin RI.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Jokowi secara langsung. Dalam pernyataannya, Giring lagi-lagi menyindir sosok pembohong namun kali ini ia menambahkan keterangan yakni pecatan Jokowi. 

Ia mengatakan sosok itu tidak layak menggantikan Jokowi nanti. "Kemajuan akan terancam jika kelak yang menggantikan Pak Jokowi adalah sosok yang punya rekam jejak menggunakan isu SARA dan menghalalkan segala cara untuk menang dalam pilkada," kata Giring, dalam sambutannya yang digelar secara virtual, Rabu (22/12/2021).

Giring lantas menyebut Indonesia akan menjadi suram jika dipimpin oleh seorang pembohong. Lebih lanjut, ia menambahkan clue orang yang dimaksud yakni seseorang yang pernah digantikan dalam kabinet Jokowi.

"Indonesia akan suram jika yang terpilih kelak adalah seorang pembohong dan juga pernah dipecat oleh Pak Jokowi karena tidak becus bekerja," ujar Giring. 

Ia menegaskan PSI tidak akan mendukung sosok yang dimaksud. PSI tegas akan menjadi oposisi jika tokoh itu terpilih menjadi presiden.

"PSI menarik garis tegas, Pak, tidak berkompromi dengan orang yang menghalalkan segala cara, termasuk dengan memperalat agama, main mata, bergandeng tangan dengan kelompok intoleran, menggunakan ayat untuk menjatuhkan lawan politik," ucap Giring. 

"Tapi Pak, bila kelak skenario terburuk terjadi dan kandidat punya rekam jejak politisasi agama itu menang pilpres, Pak, PSI siap menjadi oposisi sebagaimana yang kami buktikan di Jakarta hari ini," lanjut Giring.

Selain itu, Giring memastikan partainya akan bekerja secara optimal untuk lolos di parlemen pada pemilu mendatang. Bahkan ia meyakini akan melanjutkan program-program Jokowi.

Siapakah sosok yang dimaksud Giring?

Sayang, hingga kini belum diketahui siapa tokoh pembohong pecatan Jokowi yang dimaksud Giring. Namun, jika menarik ingatan ke belakang, Giring juga pernah menyebut sosok pembohong itu. 

Bedanya, kemarin Giring tegas menyebutkan nama yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal itu diungkapkan Giring dalam sebuah video di akun Twitter PSI, @psi_id, pada Selasa (21/9/2021).

Dalam video itu, Giring menjelaskan, dalam krisis, seorang pemimpin adalah panglima yang mengambil tanggung jawab dan menyampaikan kepada publik secara transparan situasi dan pilihan-pilihan yang dia ambil dalam merespons situasi.

"Gubernur Anies Baswedan bukanlah sebuah contoh orang yang bisa mengatasi krisis. Indikator utama dalam menilai kegagalan Gubernur Anies Baswedan adalah melihat bagaimana cara Gubernur DKI Jakarta membelanjakan uang rakyat selama pandemi," kata Giring.

Giring lalu menuding APBD Jakarta yang begitu besar dibelanjakan Anies untuk kepentingan sebagai calon presiden 2024. Anies bahkan dinilai mengabaikan desakan masyarakat untuk membatalkan rencana balapan mobil Formula E.

Seperti apa reaksi Jokowi saat mendengar sindiran dari Giring?

Presiden Joko Widodo

Dipantau melalui video 20 detik Detiknews, Giring tampak menggebu-gebu menyampaikan pidatonya. Terlihat pula para hadirin yang menyambut pidato Giring dengan bertepuk tangan. 

Saat mendengar pidato dari Giring, terlihat Jokowi yang duduk memerhatikan. Meski menggunakan masker, terlihat sekali Jokowi yang tertawa saat mendengar pernyataan Giring tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Giring GaneshaKetua Umum DPP PSI Giring GaneshaJokowi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru