Laporan dari Muktamar Ke-34 NU di Lampung

Unisma Luncurkan Buku "Roadmap NU Abad ke-2" sebagai Kado Istimewa Menuju 1 Abad NU

Dec 22, 2021 11:27
Buku Roadmap NU Abad ke-2 yang diluncurkan Universitas Islam Malang (Unisma) bersamaan dengan momentum Muktamar ke-34 NU. (Foto: Istimewa)
Buku Roadmap NU Abad ke-2 yang diluncurkan Universitas Islam Malang (Unisma) bersamaan dengan momentum Muktamar ke-34 NU. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) meluncurkan buku "Roadmap NU Abad ke-2" yang dipersembahkan sebagai kado istimewa menuju 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) di tahun 2026 mendatang. 

Selain itu, diluncurkannya Buku Roadmap NU Abad ke-2 yang dikeluarkan Unisma ini bertepatan dengan momentum Muktamar ke-34 NU yang berlangsung mulai tanggal 22-23 Desember 2021 di Lampung, di saat NU berusia 95 tahun. 

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan, Buku Roadmap NU Abad ke-2 ini merupakan hasil refleksi panjang dan pemikiran mendalam dari para kiai, akademisi, praktisi dan aktivis NU yang berkhidmat secara struktural maupun kultural untuk mewujudkan cita-cita NU dari berbagai perspektif. 

"Sehingga berbagai gagasan dalam buku ini memberikan urgensi bagi para tokoh dan fungsionaris NU," ungkap Prof Maskuri dalam keterangan tertulis yang diterima JatimTIMES.com.

Poster Buku Roadmap NU Abad ke-2.

Lebih lanjut, perhelatan Muktamar ke-34 NU menjadi salah satu ruang strategis untuk melakukan refleksi NU selama satu abad sekaligus melakukan konsolidasi pemikiran dan berbagai gagasan dalam rangka menyongsong NU Abad ke-2 di Tahun 2026. 

"Gagasan skenario Roadmap NU abad ke-2 fokus pada rekomendasi yang bertajuk Roadmap 'Program Bintang 9', program ini direalisasikan selama 4 phase (2022-2045) menuju Indonesia emas 2045," terang Prof Maskuri. 

Sementara itu, Prof Maskuri berharap NU Abad ke-2 nantinya harus melakukan 9 program yang dicantumkan dalam Buku Roadmap NU Abad ke-2. 

Pertama, penguatan kualitas dan efektifitas kepemimpinan; Kedua, penguatan ideologi Aswaja; Ketiga, Optimalisasi Dakwah digital; Keempat, penataan manajemen dan penguatan induk organisasi; Kelima, penguatan lembaga-lembaga kultural dan praktik Ubudiyah NU; Keenam, Meneguhkan politik kebangsaan; Ketujuh, Optimalisasi Khidmah NU untuk kesejahteraan jama'ah; Kedelapan, Perluasan Khidmah NU (Sektoral dan Kewilayahan); Kesembilan, Penguatan Kerjasama Negara dan jaringan Internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Muktamar NUUnisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru