Direnovasi, Jembatan Pelor Makin Ramah Pejalan Kaki

Dec 22, 2021 10:57
Petugas saat merenovasi Jembatan Pelor. (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).
Petugas saat merenovasi Jembatan Pelor. (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bagi warga Kota Malang tentunya sudah tak asing dengan adanya Jembatan Pelor. Ya, jembatan yang berlokasi di kawasan Kelurahaan Samaan, Kecamatan Klojen ini biasanya menjadi akses alternatif pengendara motor.

Sempit memang, namun lalu lalang kendaraan bermotor di area ini tak pernah sepi. Kawasan ini menjadi penghubung antara Jl Brigjen Slamet Riyadi (Oro-oro Dowo) dengan Kelurahan Samaan.

Tapi, kehadiran jembatan tersebut kadang juga cukup menyulitkan pengguna jalan di sekitar kawasan, khususnya pejalan kaki. Karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang saat ini tengah berproses melakukan revitalisasi Jembatan Pelor ini. Tujuannya, tak lain guna membuat pejalan kaki lebih nyaman melintasi kawasan.

Renovasi jembatan sepanjang 100 meter itu terlihat dengan adanya susunan baja di samping konstruksi yang lama. Penambahan inilah yang nantinya khusus digunakan untuk akses para pejalan kaki.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi mengatakan, masing-masing dilakukan pelebaran 2 meter di sisi kanan dan kiri. Sehingga, jika pengerjaan tuntas, keseluruhan lebar Jembatan Pelor totalnya menjadi 6 meter.

Menurut Diah, dengan progress pengerjaan saat ini, renovasi jembatan ini ditaksir paling cepat akan selesai akhir bulan Desember 2021 ini. "Kalau lihat pengerjaannya yang sudah berjalan, ini tinggal beberapa finishing lagi seperti lantai jembatan itu," terangnya.

Disebutkan Diah, anggaran untuk renovasi jalur alternatif pengendara motor tersebut sebesar Rp 743 Juta. Dimana, dengan adanya pengerjaan renovasi tersebut, pengendara motor untuk sementara waktu tidak bisa melintas, dan disarankan menggunakan jalan lain. Namun, bagi para pejalan kaki masih bisa lalu lalang di sekitar area lokasi.

Sejumlah pekerja tampak tengah mengebut penyelesaian renovasi Jembatan Pelor ini. Mereka terlihat mengelas beberapa baja yang telah terpasang.

"Pelebaran ini untuk memberi ruang pejalan kaki dan untuk pengendara motor agar lebih leluasa saat melintas. Kalau mobil ya tetap tidak bisa melintas," tandasnya.

Topik
jembatan pelorPemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru