Fasilitasi Seniman, Pemkab Malang Bakal Bangun Gedung Seni Terbuka

Dec 21, 2021 19:02
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat hadir dalam launching Program Desa Berdaya.(Foto: Istimewa).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat hadir dalam launching Program Desa Berdaya.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berencana memfasilitasi para seniman yang ada di Kabupaten Malang. Rencananya akan dibangun gedung seni terbuka. 

Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto mengatakan, pada tahan 2022 akan mulai dipersiapkan. Gedung seni terbuka ini rencananya akan ditempatkan di selatan Kantor Pengadilan. 

Dengan hal itu, ke depannya dia berharap agar para seniman di Kabupaten Malang, baik tradisional maupun modern, memiliki panggung untuk tampil hingga dapat go public bahkan sampai mancanegara.

"Seni ini luar biasa dan juga bisa menghasilkan. Saya berharap seni ke depannya bisa dijadikan pilihan profesi, utamanya bagi para generasi muda di Kabupaten Malang. Salah satu keuntungannya adalah bisa rekreasi secara gratis dan mendapatkan uang saku, sehingga bagaimana seni yang berawal dari hobi, bisa dijadikan sebuah profesi," ujar Didik.

Terlebih dengan di-Launching-nya Program Desa Berdaya Provinsi Jawa Timur 2021, semua pihak bisa bersinergi. Perekonomian didukung dan kebudayaan  terus dilestarikan. "Melalui sanggar-sanggar seni, akan melahirkan generasi seniman yang luar biasa," tegas Didik.

Kreatifitas menjadi penting untuk menuju Malang Makmur. Terlebih jika mampu bersaing dengan tetap mengedepankan agama namun tidak meninggalkan kebudayaan. 

Meski demikian, kesenian yang digeluti menjadi profesi, harus dimulai dengan niat dan usaha yang serius. Pemerintah Kabupaten Malang bisa memfasilitasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). "Sebagai contoh dengan memanfaatkan Taman Krida Budaya di Kota Malang, hingga Stadion Kanjuruhan sebagai ruang untuk menampilkan pertunjukan seni budaya," terang Didik. 

Topik
Kabupaten MalangsenimanDidik Gatot Subrototuntutan demo garabb

Berita Lainnya

Berita

Terbaru