Keren! Sekolah-Sekolah Ini Raih Adiwiyata dan Kejuaraan Multimedia Berbasis Lingkungan Hidup dari Pemkot Malang

Dec 21, 2021 17:39
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menyerahkan penghargaan kepada salah satu pemenang lomba, di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Selasa (21/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menyerahkan penghargaan kepada salah satu pemenang lomba, di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Selasa (21/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

JATIMTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengajak warganya peduli lingkungan digencarkan melalui banyak kalangan. Salah satunya, menyasar siswa-siswi sekolah.

Hal itu terbukti, dengan kemenangan yang diraih sejumlah sekolah di Kota Malang sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, Nasional, Provinsi dan Lomba Kejuaraan Multimedia Layanan Iklan Masyarakat Untuk Peduli Berbudaya di Lingkungan Hidup.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko secara langsung memberikan penghargaan tersebut kepada pemenang, di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Selasa (21/12/2021).

Adiwiyata-Lingkungan-Hidup-1a0455fdcb256f30a.jpg

Menurutnya, prestasi ini menjadi salah satu penekanan dan sejalan dengan komitmen Pemkot Malang untuk mewujudkan pembangunan yang diprioritaskan pada peningkatan produktivitas dan daya saing daerah. Kemudian, kesejahteraan dan meningkatkan pembangunan infrastruktur, daya dukung kota yang terpadu dan berkelanjutan, tertib penataan ruang, serta berwawasan lingkungan.

Atas hal itu, para peraih prestasi ini diharapkan mampu menjadikan pemicu bagi warga Kota Malang lainnya atau pun sekolah-sekolah lain untuk peduli akan lingkungan.

"Atas nama Bapak Wali Kota Malang, saya menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba multi media, sekolah adiwiyata mandiri, adiwiyata nasional serta adiwiyata Provinsi Jawa Timur. Tentu raihan prestasi ini diharapkan mampu menjadi semangat dan motivasi kita bersama untuk terus peduli pada lingkungan," ujarnya.

Adiwiyata-Lingkungan-Hidup-214c3a57ef49a16f7.jpg

Bung Edi (sapaan akrab Wawali Kota Malang), dalam kesempatan ini menambahkan, seiring dengan komitmen Pemkot Malang dalam membangun pendidikan berkarakter, prestasi tersebut bagian dari hal itu. Sebab, pendidikan berkarakter itu harus dibangun sejak dini dalam diri murid sekolah. Termasuk, mengembangkan karakter peduli lingkungan.

Karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan alam sekitarnya dan pengembangan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Sehingga, pembangunan karakter bangsa peduli lingkungan dapat dilakukan melalui pendidikan, pembelajaran, dan fasilitasi. 

"Oleh karenanya, dirasa sangat penting untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup bagi masyarakat, terutama siswa didik secara dini. Karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan ikut memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan," imbuh Bung Edi. 

Lebih jauh, ke depan, melalui kegiatan ini dapat menjadi media untuk menumbuhkan kesadaran sekaligus kepedulian khususnya para generasi muda dan masyarakat Kota Malang dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup sebagai upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup. Yang mana, meliputi kebijakan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup. "Sehingga nantinya akan terbentuk pola tindak dan pola pikir untuk penanganan yang lebih spesifik pada permasalahan lingkungan yang dihadapi," tandasnya.

Adapun, daftar pemenang penerima hadiah tersebut sebagai berikut:

A. Penghargaan Program Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur :
- SDN Buring
- SDN Bandulan 3
- SDN Purwantoro 6
- SD Katolik Marsudisiwi
- SDN Bunulrejo 2
- SDN Tulusrejo 3
- SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansyur
- SDN Madyopuro 1
- SDN Bunulrejo 6
- SDN Sumbersari 1
- SDN Tlogomas 2
- SDN Tunjungsekar 3
- SD Puri Asah Dasar Avesiena
- SMPN 24

B. Penghargaan Program Sekolah Adiwiyata Nasional :
- SDN Kasin
- SDN Lesanpuro 4
- SDN Sawojajar 1
- SDN Sawojajar 5
- SDN Sukun 2
- SDN Tanjungrejo 2
- SMPN 8
- SMKN 11

C. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan :
- SDN Bareng 3
- SDN Sukun 1
- SMPN 18
- SMPN 2

D. Lomba Multimedia Layanan Masyarakat Untuk Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup 2021 :
- Juara 1 : Eva Yuliana / Rumpita
- Juara 2 : Akhmad Reza / Zeus
- Juara 3 : Deris Verdiansah
- Juara Harapan 1 : Alika Nasya P
- Juara Harapan 2 : Abdul Wahid S
- Juata Harapan 3 : Moh. Ali Maksum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota MalangSekolah AdiwiyataSofyan Edi Jarwoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru