Jembatan di Poncokusumo Ambles, Satu Mobil Jatuh dan Terseret Arus

Dec 21, 2021 13:24
Pembangunan jembatan darurat oleh warga di Jambesari, Poncokusumo.(Foto: Istimewa)
Pembangunan jembatan darurat oleh warga di Jambesari, Poncokusumo.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Sebuah jembatan di Desa Jambesari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, terputus pada Senin (20/12/2021) sore. Amblesnya jembatan tersebut diakibatkan naiknya debit air sungai karena hujan lebat yang terjadi sejak sekitar pukul 15.30 WIB.

Jembatan  kurang lebih sepanjang 10 meter dan lebar 4,5 meter itu menjadi penghubung Dusun Pabrikan dan Dusun Sumbersari, Desa Jambesari. 

Saat jembatan itu terputus, melintas satu kendaraan pikap milik Marno (45), warga Dusun Tenggeran, Desa Karangnongko, Kecamatan Poncokusumo.

Beruntungnya, sesaat sebelum kendaraannya ikut jatuh bersama amblesnya jembatan, Marno sempat lompat dari kendaraannya dan berhasil menyelamatkan diri.

"Jembatan penghubung Dusun Pabrikan dan Sumbersari ambrol ketika dilintasi mobil pikap yang akhirnya terbawa arus kurang lebih sepanjang 800 meter," ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan,  Selasa (21/12/2021).

Mobil Marno yang sempat terbawa arus kurang lebih sejauh 800 meter.(Foto: Istimewa).

Akibat peristiwa itu, ruas jalan tersebut saat ini hanya dapat dilalui kendaraan roda dua dengan menggunakan jembatan darurat yang dibangun warga setempat dan sejumlah relawan. "Langsung dibuatkan jembatan darurat oleh warga dan desa," imbuh Sadono. 

Sementara, berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Malang, selain kerusakan  badan jembatan, kerusakan juga terjadi pada kendaraan Marno yang sempat terbawa arus. 

"Untuk akses sepeda motor, dibuatkan jembatan darurat. Sedangkan mobil tidak bisa dievakuasi karena medan di tengah tengah sawah," pungkas Sadono. 

Topik
jembatan amblesBPBD Kabupaten MalangWarung ditabrak trukBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru