Anggota Fraksi PKS di DPR RI Potong Gaji untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Dec 20, 2021 20:18
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini (dua dari kanan) saat menyerahkan secara simbolis kepada Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan (dua dari kiri) di Hotel Atria Malang, Senin (20/12/2021). 
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini (dua dari kanan) saat menyerahkan secara simbolis kepada Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan (dua dari kiri) di Hotel Atria Malang, Senin (20/12/2021). 

JATIMTIMES - Sebanyak 50 kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tercatat menduduki kursi di DPR RI melakukan pemotongan gaji untuk disalurkan membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Di mana, prosesi penyerahan pemotongan gaji secara simbolis tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini kepada Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan di sela-sela agenda Rapat Koordinasi Anggota DPRD PKS se-Jawa Timur di Hotel Atria Malang.

"Saya sebagai Ketua Fraksi PKS (DPR RI) setiap ada musibah selalu mengambil kebijakan agar seluruh anggota dewan PKS gajinya dipotong dan disumbangkan untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban atau terdampak bencana," ungkap Jazuli kepada JatimTIMES.com, Senin (20/12/2021). 

Di mana, tindakan penyaluran bantuan dari pemotongan gaji tersebut sebagai bentuk tanggungjawab anggota dewan sebagai perwakilan rakyat, serta bentuk empati para kader PKS yang duduk di kursi DPR RI. 

Untuk besaran nominalnya sendiri, Jazuli tidak menyebutkan secara rinci. Namun, setidaknya di 2021 ini sudah delapan kali aksi pemotongan gaji para anggota DPR RI dari Fraksi PKS yang disumbangkan untuk korban bencana maupun yang sedang tertimpa musibah. 

"Mungkin dari segi jumlahnya dibandingkan dengan tuntutan tidak seberapa. Tetapi potongan gaji yang ini kali kedelapan dalam satu tahun itu bentuk riil dan konkrit kontribusi seluruh pejabat publik PKS dalam membantu saudara-saudara yang terkena musibah," terang Jazuli. 

PKs.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diterima dari jajaran Fraksi PKS DPR RI. Nantinya, bantuan ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan korban erupsi Gunung Semeru. 

Karena, dari DPW PKS Jawa Timur sendiri telah memiliki dua posko utama untuk mendistribusikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru. Yakni di kawasan Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo. 

Di mana, di dua posko tersebut tersedia beragam macam kebutuhan para korban erupsi Gunung Semeru. Diantaranya pakaian, makanan, minuman, kebutuhan bayi dan obat-obatan. 

"Dalam tiga hari sekali kita juga menyediakan layanan kesehatan di titik pengungsi. Nantinya, kegiatan ini akan berkelanjutan, karena masih ada pengungsi yang tidak bisa pulang ke rumahnya masing-masing," jelas Irwan. 

Selain bantuan kebutuhan para korban erupsi Gunung Semeru, di dua posko yang didirikan oleh DPW PKS Jawa Timur juga terdapat banyak relawan. Di mana relawan tersebut merupakan kader PKS dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. 

"Di dua posko itu terdapat beberapa relawan, tidak hanya dari Kota/Kabupaten di Jatim, tapi juga ada relawan dari provinsi lain yang datang ke posko kami, ada dari Banten, Jakarta, Jawa Tengah dan lain-lain," tutur Irwan. 

Lebih lanjut, selain menyalurkan bantuan, para relawan PKS juga membantu petugas untuk melakukan evakuasi terhadap jenazah-jenazah yang masih tertimbun Awan Guguran Panas di sekitaran Gunung Semeru.

Topik
Partai Keadilan Sejahterakorbane rupsi semerurahasia kematianpersiapan misa natal

Berita Lainnya

Berita

Terbaru