Jalibar Resmi Berganti Nama Jadi Jl Dr Ir Soekarno

Dec 20, 2021 18:38
Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Bupati Malang HM. Sanusi dan Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat peresmian nama JL. Dr. Ir. Soekarno.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Bupati Malang HM. Sanusi dan Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat peresmian nama JL. Dr. Ir. Soekarno.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Nama jalur lingkar barat atau yang biasa disebut Jalibar di Kepanjen, Kabupaten Malang resmi berganti nama menjadi Jl Dr Ir Soekarno. Peresmian pergantian nama jalan pintas menuju Kabupaten Blitar itu dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Puan Maharani, Senin (20/12/2021). 

Saat meresmikan jalan tersebut, Puan Maharani juga didampingi Bupati Malang HM. Sanusi, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang. 

"Kebetulan jalan ini belum ada namanya. Jadi, penamaan jalan Dr Ir Soekarno ini untuk menuju tempat peristirahatan beliau di Blitar. Sehingga warga luar kota biar mengetahui bahwa jalan ini menjadi alternatif lingkar barat yang disediakan oleh Pemkab Malang," ujar Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. 

Dirinya berharap bahwa penamaan jalan tersebut bisa memberi inspirasi bagi masyarakat, khususnya warga Kabupaten Malang. Bahwa sang Proklamator atau yang lebih dikenal dengan nama Bung Karno, telah banyak berjasa pada negeri ini. 

Bukan hanya memberikan nama saja, Didik menyebut, Pemkab Malang juga akan melakukan perbaikan pada infrastruktur jalan di sekitar Jl Dr Ir Soekarno. Pasalnya, kondisi ruas jalan tersebut saat ini banyak ditemui lubang. Pandemi Covid-19 kembali disebut menjadi salah satu kendala sehingga perbaikan jalan tersebut menjadi tertunda.

"Karena (pandemi) Covid-19 kemarin, anggaran banyak yang direfocusing. Tapi InsyaAllah, kemarin sudah dimulai dengan salob (sapu lobang)-nya," imbuh politisi PDI Perjuangan ini. 

Selain itu, sebagai informasi Didik juga mengatakan bahwa ke depannya, di area sekitar Jalibar juga akan dibangun patung Bung Karno dan Taman Bung Karno. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jalibar Kepanjennama jalibar gantijl dr ir soekarnoPuan MaharaniWabup Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru