Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Jelang Akhir Tahun 2021, Instagram Umumkan 3 Fitur Baru

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Dec - 2021, 14:37

Instagram (Foto: quora.com)
Instagram (Foto: quora.com)

JATIMTIMES - Instagram sampai saat ini masih menjadi salah satu media sosial terfavorit. Untuk memanjakan pengguna, Instagram telah menghadirkan 3 fitur baru jelang penutupan tahun 2021. 

Terdapat dua fitur sudah tersedia secara global. Sementara satu fitur lainnya baru aktif untuk pengguna di Amerika Serikat. Ketiga fitur baru ini telah diumumkan langsung oleh bos Instagram Adam Mosseri melalui sebuah unggahan.

Pertama, terdapat fitur baru yang bersifat temporal, atau berlaku di jangka waktu tertentu. Fitur ini adalah Instagram Playback atau #IGPlayBack.

Fitur ini disediakan untuk pengguna mengunggah momen terpilih yang terjadi sepanjang tahun. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah serangkaian momen di Instagram Story dengan bingkai 2021.

"Kami ingin membuat sesuatu yang membuat Anda bisa merayakan momen-momen favorit selama 2021" ujar Mosseri dalam video yang diunggahnya di akun Instagram pribadinya. 

Lalu fitur kedua adalah Reels Visual Replies. Fitur ini memberikan kemampuan untuk pengguna membagikan (share) salah satu komentar di unggahan feed ke Instagram Reels.

Pengguna bisa memilih komentar teman di kolom komentar, lalu membagikannya di Reels dengan menambah aset atau hiasan tertentu, serta mengunggah foto/video yang berkaitan dengan komentar yang dibagikan.

"Jika Anda seorang kreator, fitur ini dapat mendorong Anda untuk bersentuhan dengan pengikut sebanyak mungkin," tutur Mosseri.

Fitur ini terlihat seperti yang dimiliki aplikasi TikTok. Fitur menggunakan komentar sesama pengguna untuk konten tanya jawab, atau mungkin untuk menjawab tantangan.

Mosseri menyebut semakin sering pengguna menggunakan fitur ini, semakin besar pula kemungkinan bagi seorang kreator mengembangkan akun untuk meraup engagement yang lebih luas lagi.

Fitur selanjutnya ialah Profile Embed. Jika biasanya pengguna hanya bisa embed atau menautkan unggahan Instagram di platform lain seperti blog, CMS, dan seterusnya, kini pengguna bisa embed profil Instagram.

Tampilan profil yang ditautkan akan disertai beberapa thumbnail unggahan feed teratas. Namun sayang fitur tersebut belum dirilis secara global. 

Saat ini fitur itu barus bisa digunakan untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat.


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni