Serentak, Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Malang Dimulai Hari Ini

Dec 20, 2021 11:04
Wali Kota Malang Sutiaji (berkopiah) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di SDN Model Kota Malang, Kedungkandang, Senin (20/12/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (berkopiah) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di SDN Model Kota Malang, Kedungkandang, Senin (20/12/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kini mulai menyasar kepada anak-anak usia 6-11 tahun. Di Kota Malang, kegiatan tersebut serentak mulai dilangsungkan hari ini (Senin, 20/12/2021).

Secara khusus, Wali Kota Malang Sutiaji melaunching pelaksanaan vaksinasi tersebut di SDN Model Kota Malang di Jl Raya Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang. Dalam launching kali ini, dilangsungkan di semua wilayah 16 Puskesmas di Kota Malang yang juga diikuti 16 sekolah.

Para siswa-siswi dengan didampingi orang tua masing-masing secara tertib mengikuti proses vaksinasi tersebut. Satu per satu, mereka juga harus menjalani skrining kesehatan, baru kemudian disuntik vaksin.

Salah satu siswa kelas 3 SDN Model Kota Malang, Queen Octavia Hasandra mengungkapkan, tidak merasa sakit saat disuntik vaksin. Ia mengaku, ingin divaksin biar tidak terdapat kuman di tubuhnya.

"Nggak sakit, disuntik biar kumannya hilang," ungkapnya.

Wali Kota Sutiaji dalam kesempatan ini juga meninjau pelaksanaan vaksinasi anak-anak sambil menyapa para siswa. Menurutnya, pelaksanaan ini menjadi langkah untuk terus menguatkan herd immunity akan pencegahan Covid-19. Di mana, untuk masyarakat umum saja di Kota Malang telah tercapai 99,89 persen untuk dosis pertama.

"Kota Malang alhamdulillah responnya luar biasa. Maka saya punya optimisme bahwa saat ini kita launching barusan, vaksinasi anak. Karena secara nasional memang kita menjadi urutan kedua setelah tiga provinsi sebelumnya," ujarnya.

Untuk diketahui, secara nasional pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak ini telah dilaunching di tiga provinsi pada 14 Desember 2021 lalu. Yakni, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Kemudian wilayah Jawa Timur dimulai pada 15 Desember 2021 lalu, dan Kota Malang mulai dilaunching pada hari ini.

Total sasaran penyuntikan vaksinasi Covid-19 anak-anak untuk hari sebanyak 4.728 dari 16 sekolah. Selanjutnya, mulai besok akan dilangsungkan melalui puskesmas wilayah.

Sutiaji menargetkan, pelaksanaan vaksinasi pada anak-anak ini bakal tuntas di awal Januari 2022 mendatang. "Kita targetkan nanti total sasaran semuanya selesai pada awal Januari," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyatakan, total sasaran vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kota Malang  sebanyak 76.570. Hal itu untuk vaksinasi baik siswa dari lembaga pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kementerian Agama, hingga non pendidikan.

Sedangkan, khusus launching di SD Model Kota Malang kali ini disasar sebanyak 288 siswa dari kelas 3, kelas 4 dan kelas 6.

"Total sasaran kita 76.570 siswa, itu juga untuk lembaga non pendidikan, pondok pesantren, dan mereka yang belum berkesempatan menikmati sekolah," katanya.

Pihakmya berharap, penuntasan vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun tersebut berlangsung dengan tepat sasaran dan tidak terlalu lama. "Mudah-mudahan, kami ingin menyelesaikan vaksinasi 6-11 tahun ini di waktu yang tidak terlalu lama," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
vaksinasi anakvaksinasi kota malangVaksinasi Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru