Doa-Doa agar Panjang Umur, Murah Rezeki dan Kesehatan

Dec 20, 2021 08:53
Ilustrasi (Foto: IslamiCity)
Ilustrasi (Foto: IslamiCity)

JATIMTIMES - Setiap umat Muslim tentu berharap akan diberi umur panjang, murah rezeki dan kesehatan oleh Allah SWT. Untuk mendapatkan itu semua, tentu kita harus berdoa kepada Allah agar mendapat keberkahan. 

Berikut bacaan doa-doa yang bisa diamalkan. Dalam Alquran surat Al Hud ayat 6, Allah SWT berfirman bahwa Allah menjamin rezeki setiap mahluk hidup di bumi dan tidak ada 1 pun orang yang tahu mengenai rezeki mereka.

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

"wamaa min daabbatin fii al-ardhi illaa ‘alaa allaahi rizquhaa waya’lamu mustaqarrahaa wamustawda’ahaa kullun fii kitaabin mubiinin."

Artinya: 
"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata." (Lauh Mahfuzh)

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam Alquran surat Mu’min ayat 60 agar setiap manusia meminta hanya kepada-Nya dan doa tersebut akan dikabulkan

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn."

Artinya: 

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

Berikut ada 3 doa agar panjang umur, murah rezeki dan kesehatan 

1. Doa Nabi Sulaiman dan Nabi Daud

Dalam Alquran surat An Naml ayat 19, Nabi Sulaiman dan Nabi Daud berdoa kepada Allah:

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

"rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn."

Artinya: 
"Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

2. Doa Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW senantiasa membaca doa panjang umur, murah rezeki, dan kesehatan:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّي , وَانْقِطَاعِ عُمْرِي , وَقُرْبِ أَجَلِي

"Allohummaj’al rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinni wanqitho’i ‘umri wa qurbi ajali."

Artinya: 
"Ya Allah, jadikanlah keluasan rizki-Mu padaku di saat usia senjaku, di saat putusnya umurku dan di saat dekatnya ajalku."

3. Doa Nabi Isa AS

Dalam Alquran surat Al Ma'idah ayat 114, Nabi Isa AS berdoa kepada Allah agar diberi rizki berupa makanan:

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ - ١١٤

Artinya: 
"Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki."

Topik
doa kesehatandoa panjang umurtren warna

Berita Lainnya

Berita

Terbaru