Sesuai Inmendagri Kota Batu PPKM Level 1, Kunjungan Wisatan Bisa Sampai 90 Persen

Dec 18, 2021 20:46
Wisatawan saat berwisata di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat berwisata di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 64 tahun 2021 tentang penerapan PPKM berlevel di Jawa Bali, Kota Batu masuk PPKM level 1. Hal ini disambut bahagia oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang optimis kunjungan bisa mencapai 90 persen.

Dengan turunnya level menjadi level 1 tentunya akan berimbas pada tingkat kunjungan wisatawan yang akan datang ke Kota Batu di akhir tahun nanti. “Harapan kami dengan level 1 ini semakin menambah kepercayaan wisatawan untuk berlibur ke Kota Batu,” ucap Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi.

Sebab dengan level 1, Sujud memastikan berwisata ke Kota Batu aman. Tentunya dengan disiplin dalam protokol kesehatan menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, menghindari kerumunan.

“Juga wajib menerapkan aplikasi PeduliLindungi,” ucap Sujud. Sujud menambahkan, tingkat kunjungan wisata sudah meningkat hingga 75 dibandingkan dengan awal mula penerapan PPKM darurat lima bulan lalu.

Karena itu dengan status yang ada saat ini Sujud sangat optimis, kunjungan wisata ke Kota Batu bakal melesat mencapai  90 persen. “Tentunya kami optimis okupansi penginapan, tempat wisata kunjungannya bisa tinggi,” ujar Sujud yang juga Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta ini.

Meski demikian Sujud mengimbau kepada pelaku usaha tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Batu. Sementara itu Pandemi Covid-19 membuat kunjungan wisatawan di Kota Batu hingga menjelang tutup tahun baru menembus 1,45 juta kunjungan.

Meski demikian Dinas Pariwisata Kota Batu memiliki harapan besar hingga di penghujung tahun bisa mencapai 2 juta kunjungan apalagi saat ini Kota Batu memasuki PPKM Level 1. Karena itu Pemkot Batu yakin hingga tutup tahun bisa tembus 2 juta kunjungan.

“Sampai akhir Oktober lalu kunjungan wisatawan ke Kota Batu sudah 1,45 juta. Harapannya bisa tembus 2 juta,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiqz

Pada libur Natal dan Tahun Baru mendatang, Dinas Pariwisata punya harapan besar jika kunjungan bisa mencapai 500 ribu wisatawan. Sehingga dalam tahun 2021 ini jumlah kunjungan bisa mencapai target yang diinginkan yakni 2 juta pengunjung.

Topik
pariwisata kota batuTaman Wisata Selectappkm jawa bali

Berita Lainnya

Berita

Terbaru