Upaya Angkat Potensi Desa, KKN-T Pendidikan Geografi Unikama Berikan Karya Peta Administrasi Desa Sanankerto

Dec 18, 2021 19:58
Mahasiswa KKN-T Prodi Pendidikan Geografi Unikama berikan karya sebuah peta desa untuk Desa Sanankerto (Ist)
Mahasiswa KKN-T Prodi Pendidikan Geografi Unikama berikan karya sebuah peta desa untuk Desa Sanankerto (Ist)

JATIMTIMES - Dalam upaya mengembangkan salah satu potensi desa, Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memberikan sebuah karya untuk Desa Sanankerto Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Karya dalam upaya mengangkat potensi dan memudahkan pemetaan potensi desa tersebut, berupa peta administrasi Desa Sanankerto yang dibuat menggunakan aplikasi Arc Map 2021.

Indriana Puspitasari, Tim KKN-T Unikama di Desa Sanankerto, menyampaikan, latar belakang dibuatnya peta ini adalah melihat Desa Sanankerto yang kaya akan potensi. Sanankerto merupakan salah satu desa yang mempunyai tempat wisata alam sekaligus wisata cagar alam, dengan obyek wisata utama berupa Boon Pring Andeman.

1

Berdasarkan fakta ini, tim KKN-T Pendidikan Geografi Unikama membantu masyarakat dalam memberikan informasi spasial desa agar mempermudah masyarakat desa maupun wisatawan dalam mengetahui informasi Desa Sanankerto. Selain itu, tujuan dari program kerja ini sendiri, yaitu untuk memperbarui peta yang ada sebelumnya dengan peta administrasi Desa Sanankerto yang lebih lengkap dan terbaru tahun 2021 sekarang.

 "Dampak positif setelah peta jadi adalah peta lebih gampang dibaca pengunjung atau warga sekitar karena lebih benar garisnya," jelasnya.

Metode yang digunakan dalam pembuatan peta, adalah Overlay peta desa, peta rbi, memanfaatkan citra google dan dibuat menggunakan aplikasi Arc gis dan memakan waktu selama 5 minggu. Dalam proses pembuatan peta juga bekerjasama dengan pihak perangkat desa guna mendapatkan informasi yang valid tentang letak administrasi desa maupun batas-batas wilayah RT serta data-data yang dibutuhkan.

"Selama proses pembuatan juga terdapat beberapa kendala yang dialami, seperti laptop yang digunakan untuk pengolahan peta sering mengalami error maupun lambat bekerja. Kemudian proses mencocokkan banyak data yang terbaru juga memakan waktu," terangnya.

2

Sementara itu, isi peta sendiri, mencakup beberapa hal. Mulai dari batas-batas Desa Sanankerto dengan desa lain dan juga batas RT; Penggunaan lahan yang ada di Desa Sanankerto yang terdiri dari lahan tanah kas desa, makam umum, makam muslim, sawah irigasi, permukiman, danau maupun vegetasi.

Kemudian, terkait dengan garis atau biasa disebut polyline yakni aliran sungai, jalan kampung, jalan desa serta jalan kabupaten. Terkait dengan bangunan yakni seperti kantor pemerintahan meliputi kantor desa, Puskesdes, Bumdes, sekolah, masjid, dan tempat wisata Boon Pring Andeman.

Di sisi lain, Kepala Desa Sanankerto H Subur, SE menyampaikan apresiasi kepada Tim KKNT Unikama. Pihaknya merasa sangat bangga atas karya yang dibuat.  “Saya sangat bangga, kedatangan mahasiswa KKN-T Pendidikan Geografi Unikama telah melaksanakan program kerja pembuatan atau pembaharuan Peta Administrasi Desa Sanankerto," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
mahasiswa unikamaMahasiswa Unikama malangprodi geografi unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru