2 Kasus Covid-19 Varian Omicron Kembali Terdeteksi di Indonesia, Warga Baru Tiba dari Inggris dan Amerika

Dec 18, 2021 14:07
Varian Omicron (Foto: BBC)
Varian Omicron (Foto: BBC)

JATIMTIMES - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali melaporkan 2 kasus baru varian Omicron di Indonesia pada Jumat (17/12/2021). Masing-masing pasien, tercatat baru tiba dari perjalanan luar negeri yakni Inggris dan Amerika Selatan.

Disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, hasil itu diketahui usai pemeriksaan sampel terhadap 5 orang pelaku perjalanan luar negeri yang diduga mengidap Omicron.

"Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan; serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris," ujar Nadia dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/12/2021).

Saat ini 2 pasien tersebut tengah menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran. Lebih lanjut, Nadia mengatakan, varian itu ditemukan setelah melakukan pemeriksaan khusus SGTF oleh Badan Litbang Kesehatan pada tanggal 14 dan 15 Desember 2021. 

Kedua pasien menurutnya, juga terkonfirmasi Omicron setelah menjalani karantina wajib 10 hari seusai kembali dari luar negeri.

"Hal ini menunjukkan bahwa sistem proteksi pemerintah berjalan dengan baik untuk mencegah penularan dari pendatang dari luar negeri yang terjangkit virus Covid-19," lanjut Nadia. 

Terkait temuan ini, Nadia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu. Apalagi laju penyebaran Omicron terbukti lebih cepat daripada varian lain. 

"Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini," tutur Nadia. 

"Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular Covid-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini. Jadi saya tegaskan kembali agar tidak berpergian ke luar negeri dahulu untuk kebaikan kita bersama," imbuh Nadia lagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
omicronvarian omicronvirus omicron

Berita Lainnya

Berita

Terbaru