Ramalan Bill Gates soal Akhir Pandemi hingga Tren Kesehatan Dunia

Dec 17, 2021 09:21
Bill Gates (Foto: washingtonpost.com)
Bill Gates (Foto: washingtonpost.com)

JATIMTIMES -Bill Gates kembali memprediksi akhir pandemi Covid-19. Selain itu juga memaparkan bagaimana tren kesehatan dunia di masa mendatang. Gates menyatakan dirinya optimis bahwa pandemi Covid-19 akan berakhir pada tahun 2022. 

Pernyataan itu ia tuliskan dalam catatan blog pribadinya yang berisi ulasan tentang tahun 2021. Gates menyebut 2021 sebagai tahun yang sangat berat bagi banyak orang.

Namun di balik itu semua, Gates cukup optimis dengan segala harapan dan hal baik yang akan datang di tahun 2022, salah satunya yakni akhir pandemi.

Meski berakhir, Gates mengatakan bukan berarti semuanya akan kembali normal seperti pada 2019, namun hanya saja akan jauh lebih baik. Ia lalu menjelaskan 2 hal yang menurutnya akan membantu menaklukkan Covid-19 dalam sebuah wawancara di Forum Ekonomi Bloomberg.

Menurut Gates, jalan keluar dari pandemi adalah dengan vaksinasi seluruh masyarakat dunia, dan penggunaan obat antivirus. Ia menyebut bahwa mengakhiri pandemi tidak berarti memberantas virus sepenuhnya. 

Gates hanya menyebut bahwa masyarakat dunia bisa meredam pandemi ke angka yang sangat kecil pada akhir 2022 nanti. Target ini sangat realistis jika melihat ketersediaan vaksin dan obat anti virus.

Sebagai permulaan, vaksin merupakan langkah yang sangat bagus untuk mengatasi pandemi Covid-19. 

Melansir melalui Times of India, selain menguatkan sektor pendidikan, menghalau misinformasi dinilai Gates dapat meningkatkan program vaksinasi di berbagai negara. 

Gates memang memiliki sejarah dalam memprediksi berbagai hal sejak lama. Salah satunya yakni pada 1987, ia meramalkan bahwa dunia abad ke-21 akan dipenuhi dengan tampilan panel datar. 

Gates juga percaya bahwa manusia akan mulai menyingkirkan kartu kredit. Selain menyebut akhir pandemi, Gates juga meramalkan beberapa hal tentang apa yang berkembang pada tahun depan dan beberapa tahun mendatang.

Versi New Normal

Gates menyebut bahwa titik kritis pandemi akan berakhir pada 2022. Ia menjelaskan di penghujung tulisannya bahwa kita semua akan beradaptasi dengan versi normal baru, bahkan jika pandemi Covid-19 masih berlanjut.

"Saya pikir 2022 akan menjadi tahun ketika banyak dari kita akhirnya beradaptasi dengan normal baru pasca pandemi," tulis Gates dalam situs pribadinya.

Menurutnya, kegiatan bekerja di kantor sudah bisa dilakukan seiring menurunnya kasus Covid-19.

Mendiagnosa medis di rumah

Kemudian pada tahun 1960-an silam, orang-orang memperkirakan bahwa setiap orang akan memiliki komputer yang bisa melakukan diagnosa medis di rumah. Dan Gates masih belum menyerah pada mimpi itu.

Kemungkinan jam tangan pintar menjadi alat untuk melakukan monitor kesehatan di rumah dan tampaknya sangat mungkin. Namun sejujurnya ramalan itu masih menunggu banyak aplikasi dan pengembangan sensor yang akan menopang terwujudnya mimpi tersebut.

Tes darah untuk Alzheimer

Gates adalah sosok yang sangat optimis pada banyaknya kemajuan medis. Ia meyakini hal-hal itu ada di depan mata, termasuk tes darah untuk penyakit Alzheimer.

Kemajuan pesat juga telah dibuat di bidang pengembangan tes darah untuk Alzheimer. Ada kemungkinan besar jika tes itu akan terjangkau dan bisa diakses untuk penyintas Alzheimer di tahun depan.

Meskipun ini belum menjadi solusi bagi orang yang memiliki penyakit tersebut, tes ini akan mempercepat kemajuan dalam pencarian terobosan pengobatan.

Metaverse akan berkembang

Selain bidang kesehatan, Gates juga meramalkan dalam 3 tahun ke depan Metaverse akan berkembang dan digunakan banyak pekerja kantoran. Menurutnya akan banyak aktivitas rapat kantor di ruang virtual Metaverse, dan ini akan datang dalam waktu dekat. 

Hal itu merupakan situasi yang dinilai akan sangat menguntungkan bagi karyawan yang melakukan kerja jarak jauh.

"Kita semua harus beradaptasi dengan 'new normal', meskipun kelihatannya berbeda untuk setiap orang. Bagi saya, hasilnya adalah setahun yang sebagian besar dihabiskan secara online," tulis Gates.

Bahkan Metaverse didefinisikan sebagai satu set ruang virtual tempat pengguna nantinya dapat membuat dan menjelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik.

Pengguna bisa bersosialisasi dan berinteraksi secara virtual dengan teman, bekerja, bermain, belajar, berbelanja, berkreasi, dan banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bill Gatesakhir pandemiVaksinasiramalan bill gatesakhir pandemi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru