Pasca Erupsi Gunung Semeru, Hujan Abu Selimuti Kecamatan Candipuro dan Sekitarnya

Dec 16, 2021 17:01
Suasana hujan abu yang terjadi di kawasan Candipuro (foto: istimewa)
Suasana hujan abu yang terjadi di kawasan Candipuro (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Aktivitas Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl kembali meningkat, Kamis (16/12/2021) hingga mengeluarkan awan panas. Pasca itu, hujan abu langsung menyelimuti Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang dan sekitarnya.

Mengetahui peristiwa, sejumlah petugas dan relawan langsung meminta warga di wilayah Candipuro dan sekitarnya untuk siaga. Sebab, hujan abu juga dibarengi dengan suara gemuruh.

Hingga pukul 15.00 WIB, hujan abu yang disertai asap masih menyelimuti kawasan sekitar Candipuro. “Saat ini masih terjadi hujan abu, kami harus memakai masker dan kacamata karena sangat perih jika terkena mata,” terang M Sholeh, salah satu relawan Aremania Lumajang.

Turunnya hujan abu di sejumlah kawasan di Kabupaten Lumajang itu, warga diminta siaga oleh para relawan hingga pihak TNI-Polri yang ada sejak erupsi pertama pada Sabtu (4/12/2021).

Selain hujan abu, seluruh wilayah Lumajang juga diguyur hujan deras. Hal tersebut perlu diwaspadai karena terpantau air sudah naik di Dusun Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Sebagai informasi, para relawan dan anggota TNI Polri selalu mengimbau para pengguna jalan dan warga yang masih berada di dekat lolasi terdampak erupsi Semeru agar mengenakan masker. Hal itu untuk mengantisipasi sesak napas dan radang tenggorokan.

Topik
Relawandwiasierupsi gunung semeru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru