Varian Omicron Masuk Indonesia, 1 Orang Terkonfirmasi Positif

Dec 16, 2021 15:24
Covid-19 varian Omicron. (Foto: Bizlaw.id)
Covid-19 varian Omicron. (Foto: Bizlaw.id)

JATIMTIMES  - Varian Omicron kini telah masuk Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan hal tersebut secara langsung temuan varian Omicron di Indonesia.

Varian Omicron masuk Indonesia terkonfirmasi setelah ada satu pekerja Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta, terkonfirmasi covid-19 varian Omicron. Pasien tersebut berinisial N.

Menkes Budi juga menambahkan pasien adalah pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta. Sebenarnya ada tiga  orang yang yang diketahui positif covid-19. Salah satunya pasien N yang lantas diketahui positif varian Omicron.

"Dari tiga orang, satu adalah Omicron. Dua bukan," kata Menkes Budi dalam konferensi pers Kamis (16/12/2021) Pasien N terdeteksi positif covid-19 dengan varian Omicron terdeteksi pada 15 Desember 2021. 

Berikut kronologi varian Omicron terdeteksi di Indonesia:

- 8 Desember 2021: 3 pekerja di Wisma Atlet positif covid-19
- 10 Desember 2021: Sampelnya dikirim ke Kemenkes untuk diperiksa lebih lanjut. Badan Litbangkes Kemenkes melakukan genome sequencing terhadap sampel pasien N.
- 15 Desember 2021: Setelah dilakukan 2 kali pengecekan, dipastikan pasien N terjangkit covid-19 varian Omicron. Sementara, kedua pasien lainnya bukan varian Omicron.
- 16 Desember 2021: Menkes mengumumkan pasien Omicron pertama di RI kini sudah negatif Corona

Sejak awal terdeteksi positif covid-19, ke-3 pasien tidak mengalami gejala. 3 orang tersebut tanpa gejala, tidak ada demam atau batuk-batuk.

Budi mengatakan ke-3 pasien itu kini dikarantina di Wisma Atlet. Mereka sudah melakukan tes PCR yang kedua dan hasilnya menunjukkan negatif.

"Ketiganya dikarantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Mereka sudah di-PCR kedua dan semua negatif," kata Menkes Budi.

Selain satu orang yang terkonfirmasi positif covid-19 varian Omicron, Menkes Budi juga mengumumkan adanya 5 kasus probable  Omicron.

Kasus probable Omicron ini artinya belum bisa diketahui secara pasti apakah positif Covid-19 varian Omicron atau tidak. Kini 5 orang itu sudah dites menggunakan tes PCR khusus.

Sampel juga sudah dikirim ke Badan Litbangkes dan sedang dilakukan run test WGS. Dalam tiga hari ke depan, baru akan diketahui apakah lima orang ini terjangkit covid-19 varian Omicron atau bukan.

Berikut rincian kasus probable Omicron di Indonesia:

- 2 orang WNI baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris
- 3 orang WNA dari China yang datang ke Manado

Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan masyarakat tidak perlu khawatir dan panik soal varian Omicron masuk Indonesia ini. Menkes Budi  juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker dan menjaga jarak.

Selain itu, Menkes Budi mengimbau masyarakat tidak bepergian ke luar negeri di masa liburan ini. Masyarakat diminta tidak ke luar negeri jika tidak ada kepentingan mendesak.

Topik
Covid 19Menkes Budi Gunadi SadikinPersahi Lumajang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru