Resmi Tersangka, Joseph Suryadi Akui Sebar Chat Hina Nabi, Apa Motifnya?

Dec 16, 2021 09:54
Joseph Suryadi (Foto: IST)
Joseph Suryadi (Foto: IST)

JATIMTIMES - Joseph Suryadi telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus penodaan agama melalui media elektronik. Dari hasil pemeriksaan, Joseph Suryadi mengakui dirinya telah menyebarkan konten penistaan kepada Nabi Muhammad SAW tersebut. 

"Pembuktian sudah masuk unsurnya itu barang (handphone) miliknya dan dia mengakui," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. 

Joseph diketahui telah mengirimkan chat ke grup WA berupa karikatur yang disertai tulisan yang menghina Nabi Muhammad SAW. Riwayat percakapan itu pun lantas tersebar di media sosial.

Tangkapan layar chat dari nomor ponsel Joseph ilu tersebar, sehingga memunculkan tagar #TangkapJosephSuryadi. Awalnya, Joseph mengaku ponselnya telah hilang.

Namun, Joseph rupanya berbohong soal hilang ponsel. Penyidik sendiri memiliki rekam jejak digital jika Joseph telah mengirimkan chat berisi penghinaan Nabi itu.

"Iya alibi. Itu cara dia untuk ini (menghindar dari sanksi hukum)," jelas Zulpan.

Sejumlah bukti lalu disita dari Joseph mulai dari tangkapan layar percakapan di WhatsApp, flash disk, dan handphone miliknya.

Zulpan menambahkan, penyidik juga memiliki rekam jejak digital dari handphone milik Joseph yang memuat pernyataannya mengandung konten penodaan agama.

Dalam kasus ini, Joseph dikenai Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 dan/atau Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 2 UU ITE dan/atau Pasal 156 KUHP dan Pasal 156 A KUHP. Dia terancam hukuman 6 tahun penjara.

Sedangkan, untuk motif Joseph mengapa menyebarkan chat tersebut, pihak penyidik hingga kini masih mendalami kasus ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Joseph Suryadijoseph suryadi tersangkapenodaan agamamenghina nabi muhammad

Berita Lainnya

Berita

Terbaru