Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Minum Campuran 3 Bahan ini, Gangguan Kecemasan atau Anxiety Disorder Bisa Hilang 

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

16 - Dec - 2021, 09:07

Ilustrasi (Foto: Live Science)
Ilustrasi (Foto: Live Science)

JATIMTIMES - Anxiety disorder merupakan gangguan kecemasan yang ditandai dengan rasa cemas berlebih, khawatir, atau ketakutan. Rasa kecemasan atau takut yang berlebihan tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kecemasan adalah hal yang wajar. Rasa itu tentu dialami oleh semua orang jika menghadapi situasi tertentu. 

Rasa cemas pun akan hilang setelah faktor pemicunya dapat teratasi. Namun jika cemas itu terlalu berlebihan dan berlangsung terus menerus hingga menimbulkan gejala kesehatan lainnya tentu harus berhati-hati. 

Pasalnya, bisa jadi kalian terkena anxiety disorder.

"Ketakutan atau anxiety tidak lepas dari keadaan dimana tubuh atau pencernaan kekurangan mineral," ujar dr. Zaidul Akbar seperti dikutip melalui kanal YouTube Berbagi Ilmu Kesehatan.

Mineral-mineral mikro menjadi bahan baku untuk dibuahinya hormon-hormon kebahagiaan pada tubuh. Anxiety atau kecemasan berhubungan dengan defisiensi dari mineral mikro.

Mineral-mineral mikro itu bisa ditemukan dari 2 jenis tumbuhan yakni rempah-rempah dan rimpang.

"Caranya yaitu dengan mencari 2 atau 3 jenis rempah atau rimpang, yang satu hidup di dalam tanah dan satu lagi hidupnya di atas tanah," kata dr. Zaidul. 

Kunyit, jahe, dan sereh dicuci bersih lalu diiris tipis dan dimasukkan ke dalam air. Setelah itu tunggu hingga 6 jam sampai terekstrak dengan sempurna.

Setelah didiamkan 6 jam dan sudah terekstrak dengan sempurna, kemudian tambahkan madu sebelum dikonsumsi.

"Jika tubuhnya ada kecenderungan tidak cocok dengan herbal tertentu, seperti ketika konsumsi kunyit kemudian perut terasa sakit, maka pilihannya adalah jangan minum kunyit, atau kunyit diganti dengan herbal lain, atau kurangi dosisnya," terang dr. Zaidul. 

Selain itu, boleh juga mencampurkan beberapa jenis rimpang atau rempah dalam ragam yang banyak seperti kunyit, temulawak, jahe, sereh, kapulaga, kayu manis.

"Memang mineral yang didapatkan kecil sekali, tapi sangat krusial dalam memberi manfaat ke tubuh," ucap dr. Zaidul lagi. 

Sebagai informasi, orang yang memiliki gangguan kecemasan atau anxiety cocok untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium atau tinggi mineral alkalinya, seperti kurma, kacang-kacangan, pistachio.

Selain itu jangan lupakan prebiotik, rutin minum prebiotik yang bisa dicampur langsung dalam rempah, rimpang, atau diminum langsung dengan mencampurkan air dan madu.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy