Dimulai Pekan Depan, Kota Malang Sasar 80 Ribu Anak di Bawah 12 Tahun Disuntik Vaksin Covid-19

Dec 16, 2021 08:53
Vaksinasi Covid-19 pelajar usia 12 tahun ke atas beberapa waktu lalu. (Tubagus Achmad/MalangTIMES).
Vaksinasi Covid-19 pelajar usia 12 tahun ke atas beberapa waktu lalu. (Tubagus Achmad/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun bakal segera dilakukan. Rencananya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal memulai penyuntikan vaksin pada pekan depan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun tersebut serentak dimulai di seluruh sekolah. "Iya Insya Allah di minggu depan ini (vaksinasi anak usia 6-11 tahun). Ini launching ya, serentak nanti di seluruh sekolah yang ada di Kota Malang," terangnya, Kamis (16/12/2021).

Dijelaskan Husnul, untuk vaksinasi anak-anak ini menggunakan jenis Sinovac yang telah direkomendasikan oleh BPOM. Saat ini, Kota Malang sedang menunggu dropping distribusi vaksin tersebut dari Pemerintah Pusat.

Namun, belum diketahui kapan dropping vaksin tersebut akan disalurkan. Karenanya, untuk launching vaksinasi anak-anak pekan depan, sembari menunggu dropping datang, Dinkes Kota Malang bakal menggunakan stok vaksin Sinovac yang ada sebanyak 35 ribu.

"Untuk dropping vaksin masih belum (dari Pemerintah Pusat). Rekomendasinya menggunakan Sinovac. Di Dinas Kesehatan punya Sinovac untuk mengawali launching vaksinasi umur 6 sampai 11 tahun. Sekarang ada 35 ribu dosis jenis Sinovac," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana mengatakan, dari total 90 rekomendasi pelajar anak-anak, yang bakal direalisasikan untuk divaksin sebanyak 80 ribu. Hal ini karena, sebagian anak kelas 6 SD di Kota Malang telah mengikuti vaksinasi pelajar usia 12 tahun ke atas yang telah tuntas beberapa waktu lalu.

"Yang terealisasi itu 80 ribu anak. Ternyata data kita (yang direkomendasikan) ada yang kelas 6 dan sudah tervaksin," ungkapnya.

Dikatakan Suwarjana, dari data yang dikirimkan 90 ribu pelajar ternyata terhitung hingga pelajar kelas 6 SD. Sedangkan, untuk data dari kelas 5 SD ke bawah, tercatat sebanyak 75 ribu pelajar yang disasar untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 ini.

Sedangkan sejumlah 5 ribu pelajar sisanya, merupakan siswa kelas 6 SD yang usianya belum 12 tahun. Sehingga, ikut dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak-anak.

"Mestinya kalau sampai kelas 5 SD kan 75 ribu aja. Tapi kelas 6 ada yang belum tervaksin juga, sekitar 5 ribu, kita ikutkan di sini. Tim nakes dan logistik (Dinkes Kota Malang) insyallah sudah siap," pungkasnya.

Topik
Vaksinasikomunitas vespa tulungagungKota MalangDinkes Kota Malangdr Husnul Muarifinformasi vaksinasigangguan kecemasanBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru