Mantan TKI ini Berhasil Buat Pesawat STOL, Produk Dibeli Pemerintah Republik Ceko

Dec 16, 2021 08:06
Warga Lamongan melihat pesawat buatan putra daerah (foto: M. Nur Ali Zulfikar/JatimTIMES)
Warga Lamongan melihat pesawat buatan putra daerah (foto: M. Nur Ali Zulfikar/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sungguh inspiratif, mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sukses merakit pesawat terbang short take off and landing (STOL). Hebatnya, orang tersebut hanya lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) di Kecamatan Babat.

Sosok tersebut adalah Heri Suyanto, warga Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan. Ketrampilan dalam membuat pesawat terbang dia dapatkan saat masih bekerja sebagai TKI di salah satu perusahaan pembuatan pesawat terbang di Republik Ceko.

Dia mengaku mulai merakit pesawat mandiri setelah memutuskan untuk berhenti menjadi TKI dan menetap di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Berbekal pengalamannya, Heri Suyanto berhasil membuat tiga pesawat terbang. 

"Dua pesawat sudah laku terjual dan dibeli oleh pemerintah Republik Ceko di tahun lalu. Sementara satu unit pesawat jenis latih juga sudah dipesan oleh TNI AU, yang proses saya rakit di Lamongan ini," ujar Heri, Kamis (16/12/2021).

Pesawat ke tiga buatan Heri sengaja dirakit di Kabupaten Lamongan, dengan tujuan untuk memotivasi generasi muda agar percaya diri dan yakin akan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang mampu bersaing dengan negara lain.

"Sebelumnya saya merakit di Ciamis, komponen pesawat yang saya rakit sendiri di Lamongan ini, juga saya bawa dari Ciamis dengan diangkut truk, kenapa saya rakit di Lamongan saya ingin memberikan motivasi kepada anak-anak muda bahwa orang Indonesia juga bisa membuat pesawat terbang sendiri. Kualitas anak muda Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya," pungkasnya.

Topik
merakit pesawat terbangpesawat terbangpesawat terbangKabupaten LamonganBerita LamonganBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru