Menangis Sesenggukan, Bupati Lumajang Terharu Dapat ‘Surat Cinta’ dari Menteri Kehutanan

Dec 16, 2021 07:20
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyeka air matanya dihadapan rombongan Kementerian LHK (foto: Teguh Eko Januari /JatimTimes)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyeka air matanya dihadapan rombongan Kementerian LHK (foto: Teguh Eko Januari /JatimTimes)

JATIMTIMES - Bupati Lumajang Thoriqul Haq menerima rombongan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Pringgitan Pendopo Kabupaten Lumajang, Kamis (16/12/2021) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB.

Di tengah perbincangan Cak Thoriq, Bupati Lumajang ini tiba -tiba menitikkan air mata haru. Karena mendapat kabar gembira dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

“Tiba-tiba saya diberi surat khusus dari Ibu Menteri, ini amplopnya, Pak Kus menyerahkan langsung kepada saya,” ujarnya.

“Yang membuat saya terharu, ini isinya adalah SK dari ibu Menteri tentang lahan relokasi untuk masyarakat yang hari ini terdampak erupsi Gunung Semeru,” sambung Cak Thoriq sambil menunjukkan surat dari kementerian LHK tersebut.

Dengan adanya SK dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya tersebut, maka ada kepastian dan payung hukum untuk menggunakan lahan milik perhutani sebagai lahan relokasi bagi ribuan Kepala Keluarga korban erupsi Gunung Semeru.

“Ini artinya masyarakat yang terdampak bisa segera memiliki tempat tinggal yang lebih aman, segera pulih dari bencana ini, segera recovery dan masyarakat bisa kembali hidup normal, itu harapan kami,” tutur Cak Thoriq terbata.

Keharuan di raut muka Cak Thoriq tidak bisa ditahan, denga suara parau bergetar ia mengatakan terima kasihnya kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya yang telah mengirimkan SK tentang pemanfaatan lahan perhutani, sebagai tempat relokasi korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Saya terharu, saya terima kasih Bu Menteri, dari masyarakat kami, dari rakyat kami salam hormat untuk Bu Menteri, sehat selalu, terima kasih sekali lagi, ini SK yang sangat berarti bagi kami,” pungkasnya sambil menyeka air mata.

Keharuan Cak Thoriq ini cukup beralasan. Karena dengan adanya SK tersebut maka daya upayanya memperjuangkan hunian tetap bagi rakyatnya yang terdampak erupsi Gunung Semeru segera terwujud. Cak Thoriq sebelumnya berjanji akan menuntaskan rencana relokasi itu sesegera mungkin.

Topik
Bupati Lumajangerupsi gunung semeruGunung Semerupenghargaan fifgroupMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru