Pemkab Malang Terima Penghargaan KIP Award di Penghujung Tahun 

Dec 15, 2021 15:52
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat menerima penghargaan dari Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Herma Retno. (Foto: Istimewa)
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat menerima penghargaan dari Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Herma Retno. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Memasuki penghujung tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kembali menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Herma Retno pada Rabu (15/12) pagi di Pringgitan Kabupaten Malang.

KIP Award merupakan penghargaan atas keterbukaan informasi publik yang diberikan kepada badan publik di Provinsi Jatim. 

Wakil Bupati (Wabup) Malang menangkap bahwa hal tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Malang untuk mewujudkan kinerja dengan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Malang. 

“Kami dedikasikan penghargaan ini bagi masyarakat Kabupaten Malang yang turut andil dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik," ujar Wakil Bupati Malang.

Didik juga mengatakan bahwa prestasi yang diraih tersebut juga akan dijadikan semangat dalam melaksanakan perbaikan keterbukaan informasi publik yang lebih baik di masa mendatang. Dirinya menyebut, capaian ini juga tidak lepas dari sinergitas yang dibentuk semua pihak. 

"Tentunya kolaborasi dan kerjasama yang baik ini, ke depannya bisa terus terjalin guna mewujudkan Malang Makmur," tegas politisi PDI Perjuangan ini. 

Apalagi, saat ini sudah masuk pada era keterbukaan antara pemerintah dengan masyarakat, atau ia sebut open government. Dimana di dalam penyelenggaraannya, kegiatan pemerintah dan pengelolaan negara dapat diawasi oleh publik.

"Hanya dengan pemerintah yang terbuka, kita akan mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam proses pengambilan kebijakan publik serta menciptakan pengawasan publik yang lebih optimal. Hanya dengan mengadopsi prinsip pemerintah terbuka, pemerintah di semua tingkatan akan dapat membangun legitimasi dan kepercayaan publik," terang Didik.

Hal itulah yang selama ini menurutnya senantiasa diupayakan. Dimana inovasi, transformasi dan pembenahan dalam sistem keterbukaan informasi menjadi saah satu agenda penting untuk membangun kepercayaan publik, guna mewujudkan good governance. 

"Di sisi lain, saya berharap penerimaan penghargaan ini juga diiringi dengan peningkatan kepercayaan publik demi menunjang pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Malang,” imbuh Didik. 

Topik
Keterbukaan Informasi Publikkip awardPemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru