Webinar Penatalaksanaan Penyakit Periodontal Akut, Terungkap 3 Hal Utama Penyebab Penyakit Gusi

Nov 20, 2021 17:00
Ilustrasi menjaga kesehatan gigi (Ist)
Ilustrasi menjaga kesehatan gigi (Ist)

JATIMTIMES - Gigi merupakan salah satu hal penting bagi manusia. Akan tetapi, tak jarang gigi mengalami permasalahan yang membuat tak nyaman. Baik itu permasalahan gigi berlubang, gigi goyang, gusi berdarah, bahkan hingga gusi yang turun.

"Memang yang banyak dialami adalah gigi goyang, kemudian gigi yang terlihat memanjang," ungkap Dokter Gigi Spesialis Periodonsia RSI Unisma Malang, drg Ega Lucida Chandra K Sp Perio.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika sebenarnya gigi tersebut tidaklah memanjang. Akan tetapi, justru tulang dan gusi mengalami penurunan (sebaliknya untuk gigi atas akan naik). Bagian gigi yang selama ini tertutup oleh gusi tersingkap.

Bicara penyakit gusi tidak lepas dari tiga hal, yang pertama faktor bakteri, jamur. Didalam mulut terdpat banyak bakteri, bahkan bisa mencapai 700 jenis bakteri dan mereka hidup saling berdampingan. 

1

"Pada saat tertentu, komunitas mereka berubah, sehingga mereka sifatnya merusak. Tapi kalau kondisinya seimbang Tidak merusak. Ibaratnya sawah ada ular ada tikus. Jika suatu saat ularnya diburu akhirnya tikusnya yang merajalela," terang Ega Lucida Chandra.

Kemudian, faktor kedua adalah faktor kondisi dari seseorang tersebut. Kondisi person atau tiap orang tentunya berbeda-beda. Air liurnya pun berbeda-beda kandungan. Terdapat yang air liurnya asam, memiliki mineral tinggi atau sedikit. 

"Hal tersebut juga berpengaruh pada periodontal. Termasuk juga hormonal yang berbeda antara laki-laki dan perempuan," jelas Ega Lucida Chandra.

Sementara itu, untuk pencegahan penyakit tersebut, tentunya adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Seseorang harus teratur dan rutin dalam membersihkan gigi dengan sikat gigi rutin, baik sebelum makan, setelah makan maupun sebelum tidur.

"Ini sangat penting sekali, yang pertama ini. Yang kedua, hendaknya rajin kontrol ke dokter gigi, setiap 6 bulan sekali kami sarankan kontrol. Karena ada pasien yang rajin gosok gigi tapi kok tetap berkarang, ya itu tadi karena faktornya kan juga banyak, ada bakteri, kondisi air liur yang berbeda. Karnag gigi harus dibersihkan hingga tuntas," papar Ega Lucida Chandra.

Sementara itu, mengenai gusi yang bengkak atau abses, disebabkan oleh bakteri yang berasal dari permasalahan periodontal, yang kemudian membuat kondisi bakteri berubah hingga akhirnya menimbulkan nanah atau abses periodontal.

"Kalau sudah pecah terkadang suda tidak terlalu sakit. Kadang pasien tidak periksa lagi. Padahal abses ini bisa berulang karena memang ada hal yang menyelubungi. Seperti balon, kalau ditiup dari satu sisi dan kemudian dilepas kan kempes. Tapi kan balonnya masih ada, nah kalau tertiup lagi kan bisa terisi lagi. Makanya harus diambil dibersihkan," pungkas Ega Lucida Chandra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kesehatan GigiSakit gigiega lucida chandraRSI Unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru