Peduli Korban Erupsi Semeru, Kecamatan Tumpang Bedah 5 Unit Rumah

Dec 14, 2021 20:48
Salah satu rumah di Dusun Sumbersari Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang yang turut terdampak erupsi Gunung Semeru. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Salah satu rumah di Dusun Sumbersari Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang yang turut terdampak erupsi Gunung Semeru. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Masyarakat Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang turut memberikan peran dalam upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (14/12/2021) lalu. Hal tersebut dilakukan dengan menyalurkan bantuan bagi warga Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru. 

Camat Tumpang, Sukarlin mengatakan, bantuan itu diberikan ke dalam bentuk bedah rumah, dengan memberikan sejumlah bahan dan material bangunan. Sumber anggarannya berasal dari donasi yang terkumpul dari beberapa elemen masyarakat. 

"Ada tiga rumah dengan nilai Rp 34 juta. Itu dari masyarakat, kecamatan, Kapolsek, Danramil dan lainnya," ujar Sukarlin, Selasa (14/12/2021). 

Selain itu, juga ada donasi yang terkumpul dari kalangan tenaga pendidik atau guru yang bertugas di wilayah Kecamatan Tumpang. Dimana dari donasi yang terkumpul tersebut, totalnya ada 5 rumah yang dibantu dari Kecamatan Tumpang. 

"Ada dua unit yang terkumpul dari donasi guru-guru yang bertugas di Tumpang. Jadi totalnya ada lima rumah," imbuh Sukarlin. 

Sementara itu, dikutip dari akun twitter @JatimPemprov, total ada sekitar 5.205 jiwa yang terdampak erupsi Gunung Semeru tersebut. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 46 korban jiwa dan ratusan warga mengalami luka berat maupun luka ringan. 

Selain itu, juga ada sekitar 2.970 unit rumah yang rusak. Baik karena terkena awan panas guguran atau tersapu banjir lahar dingin. Dan juga ada sebanyak 13 unit fasilitas umum (fasum) yang rusak. Seperti bangunan sekolah, tempat ibadah dan masjid. Salah satunya Jembatan Gladak Perak. 

Topik
erupsi gunung semerurahasia kematianmencuri di pengungsian

Berita Lainnya

Berita

Terbaru