Nataru, 6 Pos Disiapkan di Kota Batu, Swab Acak Bakal Dilakukan

Dec 13, 2021 20:48
Salah satu wisatawan saat berswafoto di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Salah satu wisatawan saat berswafoto di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Mengantisipasi lonjakan Covid-19 kembali terjadi di Kota Batu, enam titik pos pelacakan bakal disiapkan jelang Natal dan Tahun Baru di kawasan Kota Batu. Tak hanya itu saja, swab secara acak juga bakal diberlakukan oleh Pemkot Batu selama Nataru mendatang.

Enam titik pos diantaranya, Pos Kandangan, Pos Kambal, Pos Garuda, Pos Baloga, Pos Pendem dan Pos Pelayanan yang ada di kawasan Alun-Alun Kota Batu. “Selain mendirikan pos ini, nanti juga ada swab acak kami lakukan di jalur masuk kota,” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Selain jalur masuk kota, juga akan dilakukan di terminal dan tempat wisata. Selain itu, kawasan jalur protokol Kota Batu juga akan diberlakukan satu jalur. Rencananya bakal diterapkan di sepanjang Jalan Diponegoro, Jalan WR Supratman, Ahmad Yani, Jalan Dewi Sartika.

Meski demikian, fasilitas publik tetap diperbolehkan beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan menerapkan 5M, mulai dari memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, dan menghindari kerumunan.

“Tetapi kalau kami menemukan pelanggaran langsung akan diberi sanksi,” tambah Punjul. Bentuk-bentuk sanksinya seperti teguran lisan atau tertulis hingga penutupan sementara fasilitas publik.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Imam Suryono menambahkan, nantinya dalam pos tersebut terdapat petugas gabungan dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP di enam pos tersebut. Dengan mengerahkan kurang lebih 100 personel gabungan.

“Secara ketat petugas akan memeriksa di tempat. Apakah warga  membawa keterangan swab antigen atau PCR,” ucapnya.

Topik
Jelang Natal dan Tahun BaruNatal dan Tahun Barunataru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru