Bupati Sanusi Alokasikan Bantuan Bagi Warga Lumajang yang Mengungsi di Malang

Dec 13, 2021 10:44
Bupati Malang HM. Sanusi didampingi personel BPBD Kabupaten Malang saat meninjau Dusun Sumbersari Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo yang terdampak banjir lahar dingin akibar erupsi Gunung Semeru. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang HM. Sanusi didampingi personel BPBD Kabupaten Malang saat meninjau Dusun Sumbersari Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo yang terdampak banjir lahar dingin akibar erupsi Gunung Semeru. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi berencana akan memberikan bantuan kepada warga Kabupaten Lumajang yang mengungsi di wilayah Kabupaten Malang. Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang masih melakukan pendataan terkait jumlah pengungsi dan wilayah sebarannya. 

Dari laporan yang diterima Sanusi, ada sekitar 150 warga Kabupaten Lumajang yang mengungsi di rumah kerabatnya yang ada di Kabupaten Malang. Ratusan warga Kabupaten Lumajang ini mengungsi karena rumahnya terdampak banjir lahar dingin dan awan panas guguran (APG) akibat erupsi Gunung Semeru. 

"Iya ini sudah mulai kita data, mungkin ada sekitar 150 an," ujar Sanusi. 

Sanusi mengatakan, rencanannya ratusan warga Kabupaten Lumajang ini akan diberi bantuan dalam bentuk sembako. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada warga Kabupaten Lumajang tersebut. 

"Kalau pemeriksaan kesehatan, nanti akan dilakukan melalui Puskesmas di wilayah masing-masing," imbuh Sanusi. 

Menurut Sanusi, hal tersebut juga merupakan bentuk kontribusi yang dilakukan Pemkab Malang dalam upaya penanganan erupsi Gunung Semeru. Upaya tersebut pun juga telah dilakukan Pemkab Malang sejak hari pertama Gunung Semeru terjadi erupsi pada Sabtu (4/12/2021).

Selain memberikan bantuan kepada warga Lumajang yang mengungsi di Kabupaten Malang, Pemkab Malang juga telah menyalurkan sejumlah bantuan melalui Kecamatan Pronojiwo pada Minggu (12/12/2021). 

Hingga saat ini, sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang bersama sejumlah relawan juga masih aktif beroperasi dalam penanganan bencana erupsi Gunung Semeru. Selain itu, Pemkab Malang juga membuka dapur umum.

Sementara itu, catatan yang dihimpun media ini, warga Kabupaten Lumajang yang mengungsi ke Kabupaten Malang, tersebar di dua kecamatan. Yakni 24 jiwa di Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung dan 143 jiwa tersebar di 5 desa di Kecamatan Ampelgading. Yakni Desa Sidorenggo, Desa Tamansari, Desa Lebakharjo dan Desa Argoyuwono. 

Topik
rahasia kematianerupsi gunung semeruGunung Semerumencuri di pengungsianBupati Malang HM SanusiKabupaten MalangBerita Malang terkiniBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru