Isu Keluarga Ahmad Dhani Tak Karantina Setelah Liburan, Begini Respons Satgas

Dec 13, 2021 09:55
Keluarga Ahmad Dhani (Foto: Instagram)
Keluarga Ahmad Dhani (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Belakangan ini warganet ramai membahas isu keluarga Ahmad Dhani yang tidak menjalani karantina 10 hari setelah pulang liburan dari Turki. Isu itu pun langsung direspons oleh pihak Satgas. 

"Pada saat pandemi Covid, apalagi adanya potensi ancaman imported case varian Omicron dari LN, seluruh pelaku perjalanan internasional harus menjalani peraturan skrining tes dan karantina selama 10x24 jam," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. 

Seperti diketahui, aturan karantina bagi pelaku perjalanan internasional itu tertuang dalam Addendum Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Wiku lantas meminta agar WNI dan WNA pelaku perjalanan internasional untuk mematuhi aturan masa karantina tersebut. Sementara khusus untuk WNI dari 11 negara yang dilarang sementara akibat varian Omicron wajib menjalani masa karantina 14 hari.

"Mohon agar siapapun baik itu masyarakat umum, pejabat, dan public figure perlu saling mengingatkan dan memberi suri tauladan mematuhi aturan tersebut dan pemerintah akan melakukan tindakan tegas untuk menjaga keselamatan masyarakat dari Covid-19," tambah Wiku. 

Seperti diketahui, isu Ahmad Dhani dan keluarga tidak menjalani karantina ramai karena unggahan Adam Deni. Inti dari unggahan tersebut ialah ada seorang yang mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani di Turki pada 2 Desember 2021.

Ia kemudian pulang ke Tanah Air pada 5 Desember namun orang itu mengaku mendapat informasi bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela terlihat di sebuah mal di Jakarta pada 9 Desember 2021.

Pengacara Ahmad Dhani beri klarifikasi

Adam Deni, yang mengunggah tangkapan layar cerita seorang warganet kepadanya itu, bertanya apakah Ahmad Dhani dan keluarga tidak menjalani karantina. Pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis pun memberikan penjelasan. 

"Klarifikasi terkait adanya berita Ahmad Dhani dan Mulan Jameela tidak karantina," kata Ali Lubis.

Terdapat 2 poin pernyataan Ali Lubis. Ia menyebut Ahmad Dhani dan keluarga sudah menjalani karantina.

"Berdasarkan informasi yang saya terima langsung satu, bahwa terkait adanya netizen yang menyebutkan keluarga mereka tidak melakukan karantina setelah melakukan perjalanan dari Turki itu tidak benar," kata Ali Lubis.

Kemudian poin kedua, secara mereka sekeluarga tidak ke mana-mana dan justru melakukan karantina sesuai ketentuan yang berlaku. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
karantina ahmad dhaniAhmad DhaniMulan Jameelaperjalanan internasionalkeluarga ahmad dhani

Berita Lainnya

Berita

Terbaru