Tips Berburu Promo di Harbolnas agar Tak Sekadar Kalap Mata

Dec 12, 2021 09:18
Ilustrasi. (Foto: Source google).
Ilustrasi. (Foto: Source google).

JATIMTIMES - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 menjadi ajang para pencari promo untuk berebut barang secara tepat. Momen di akhir tahun yang tepat pada hari Minggu ini pas banget untuk mencari barang-barang favorit di segala platform e-commerce.

Hadirnya berbagai promo barang, pakaian, hingga apa pun terkadang membuat orang bingung harus memilih yang akan dibeli. Tak ayal, banyak juga yang justru kalap mata hingga menginginkan semuanya.

Karena itu, berburu promo diskon juga harus dilakukan dengan cermat. Kalau tidak, bisa membuat kecele, bahkan akan membuat kalian para pecinta shooping kalap mata. Apalagi, banyak promo dihadirkan dan berebut dengan semua orang di tanah air.

Nah, tak ingin berburu promo diskon hanya sekadar kalap mata saja? Simak beberapa tips berikut agar berburu promo lebih sesuai tanpa boros.

1. Pastikan koneksi internet yang cepat
Internet menjadi hal paling penting sebelum berburu diskon. Pastikan koneksi internet kalian cepat supaya tidak membuang waktu dengan loading browser yang cukup lama.

Jika memakai koneksi internet di rumah, pastikan penghuni rumah lain tidak sedang memboroskan bandwith dengan main game atau menonton film. Atau jangan banyak yang memakai internet di waktu bersamaan. Atau, kalian bisa juga ke kafe atau tempat lain yang diketahui punya koneksi internet yang kencang.

2. Membuat Wishlist biar tidak kalap
Wishlist kiranya bisa menjadi salah satu cara agar kalian tak hanya sekadar berburu promo. Mulailah dengan me-review barang-barang yang ingin dibeli dan memasukkannya dalam daftar wishlist.

Dari situ, kemudian buatlah daftar belanja agar tidak kalap dan lebih fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan. Selain itu, wishlist akan mempermudah kalian dalam memantau harga pada saat Harbolnas 12.12 berlangsung.

3. Pantau promo yang diincar
Harbolnas sudah dimulai sejak pukul 00.00. jika kaliam tidak sempat di hari sebelumnya memantau berbagai promo, maka di pagi harinya, hal imi wajib untuk dilakukan. Sehingga, kalian akan tahu promo-promo yang memberikan penawaran terbaik.

Dengan jumlah yang tetbatas, cermati promosi yang ditawarkan di sejumlah situs berhemat yang bekerja sama dengan webshop favoritmu. Biasanya, situs berhemat menawarkan kode promo eksklusif atau cashback yang dapat membantu kalian mendapatkan diskon tambahan dari total potongan harga pada saat check out.

4. Cek Flash Sale dan berburu kupon
Ini bisa mempermudah kalian dalam berburu promo. Beberapa toko online kadang suka mengadakan flash sale dadakan. Kalian bisa membuat browser laptop yang dipakai khusus untuk membuka tab berisi semua toko online. Sangat disarankan membuka halaman khusus Harbolnas 12.12 di tiap e-commerce.

Selain toko online, bandingkan harga suatu barang dari toko-toko lain melalui website khusus seperti iPrice.co.id. Biasanya website tersebut memiliki halaman khusus berisi kumpulan kupon dari semua e-commerce di Indonesia.

Manfaatkan untuk menjaring semua kode kupon dan diskon belanja saat Harbolnas 12.12, terutama jika kalian tim tidak mau ribet membuka tab browser satu-persatu.

5. Pastikan reputasi pedagang dan diskonnya sungguhan
Setelah membandingkan, tentu kalian akan memiliki beberapa pilihan. Nah, di sini pastikan reputasi toko kredibel, dengan identitas jelas. Pastikan tak banyak komplain dari konsumen. Pastikan bahwa diskon yang diberikan adalah diskon sesungguhnya bukan diskon abal-abal dengan cara menaikkan harga lebih dulu.

Untuk menghindari penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan, jangan lupa cek kembali rating dan review dari toko yang bersangkutan. Jika dari segi harga, rating, dan review-nya meragukan, sebaiknya bwrpindah ke toko lainnya ya.

6. Teliti sebelum membeli
Saking hebohnya berburu promo, tak ayal terkadang membuat pembeli lupa untuk meneliti barang yang akan dibeli.

Misalnya untuk pembelian baju, maka pilihlah di e-commerce yang menampilkan deskripsi lengkap mencakup ukuran, lingkar dada, dan panjang baju. Dengan informasi ukuran yang lengkap tersebut, Anda bisa mengetahui apakah baju pas dengan tubuh atau tidak.

7. Batasi transaksi
Menghindari kalap mata, maka kalian perlu mengelola pengeluaran saat musim diskon seperti Harbolnas. Misalnya, membatasi transaksi di kartu ATM dan online banking pada nominal tertentu.

Saat jumlah total transaksi telah mencapai limit yang ditentukan, maka kalian harus menghentikan aktivitas belanja. Dengan cara ini, kalian akan terselamatkan dari kalap belanja.

8. Cek ulang barang sebelum bayar
Ini juga bisa menjadi satu cara agar tidak kalap mata saja. Dengan mengecek kembali barang yang dibeli sebelum melakukan pembayaran. Sehingga, kalian bisa menentukan prioritas mana yang paling dibutuhkan dan kesampingkan dulu yang tidak perlu. Hal ini akan membantu kalian lebih cermat berbelanja dan lebih hemat.

9. Pilih jasa kirim yang paling murah
Cara ini memang terkendala di lamanya pengiriman, tapi bisa menjadi salah satu untuk menghemat belanja kalian. Sehingga, hindari jasa kirim yang malah memunculkan ongkir yang mencekik dompet, tapi pilih yang paling murah.

10. Simpan bukti transaksi
Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, simpanlah bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan antara Anda dengan penjual. Jika terjadi masalah, kamu bisa menunjukkan bukti-bukti transaksi tersebut untuk membela diri.

11. Pastikan penjual punya sistem pengaduan dan retur
Ini untuk mengantisipasi jika ada kejadian yang tidak diinginkan. Pastikan pedagang online mempunyai mekanisme penanganan pengaduan yang jelas. Jangan sampai pembeli tidak dapat mengecek langsung barang yang dipesan. Karena itu, sistem retur akan menjamin barang yang dipesan dapat diterima dalam kondisi sempurna.

Jika barang yang dibeli memiliki kekurangan atau tidak sesuai dengan harapan, sistem retur akan memberikan kalian kesempatan untuk mengembalikan produk agar diganti dengan produk lain atau jaminan uang kembali. Sistem retur juga memberi kalian kesempatan untuk mengembalikan barang jika tiba-tiba berubah pikiran.

Topik
HarbolnasHari Belanja Online NasionalMenko Perekonomian Airlngga Hartarto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru