1000 Lampu PJU di Kota Malang Berbasis Smart KwH, Ini Kelebihannya

Dec 11, 2021 20:01
Pusat Kota Malang (foto: istimewa)
Pusat Kota Malang (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Sebanyak 1000 lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Malang saat ini telah berbasis smart KwH. Lampu tersebut tersebar di 20 titik jalan besar di Kota Pendidikan tersebut.

Beberapa lampu berbasis smart KwH itu diantaranya ada di daerah Arjosari, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Letjen Sutoyo, Jalan Jaksa Agung Suprapto, hingga Jalan S Supriadi, Kota Malang.

Kasi Penerangan Jalan DPUPRKP Kota Malang, Yani P mengatakan, saat ini Bhumi Arema sudah memiliki 25 ribu lampu PJU. Sementara 1000 diantaranya telah berbasis smart KwH dan sisanya menggunakan lampu PJU pada hemat energi.

“Sebenarnya jumlah lampu PJU di Kota Malang ada 22 ribu. Kemudian di akhir 2021 ini, kami tambah 2500 yang dipasang tersebar di tiap kecamatan. Karena proses lelangnya baru saja selesai,” terang Yani.

Disinggung bagaimana mekanisme menjalankan lampu PJU berbasis smart KwH, Yani mengatakan bahwa lampu tersebut dapat dikontrol secara online. Bahkan proses pemantauan dapat dilakukan melalui sebuah aplikasi yang akan segera dilaunching dalam waktu dekat ini.

Aplikasi tersebut dapat memudahkan petugas dalam melakukan pemantauan lampu PJU yang berbasis KwH itu.

“Sebenarnya smart KwH ini merupakan bantuan dari supplier lampu yang memang telah bekerja sama dengan Pemkot. Cara kerjanya, KwH ini yang mengatur kapasitas berapa lampu yang diakomodir, dan smart itu bisa mantau online,” beber Yani.

Meski telah berbasis smart KwH, Yani tak menampik jika PJU di Kota Malang belum berbasis smart PJU. Saat ini lampu PJU masih menggunakan lampu biasa yang berbasis hemat energi.

“Selama ini memang masih belum smart PJU. Kasarannya masih semi. Karena kalau menuju smart ini berapa duit nanti yang harus dikeluarkan. Jadi saat ini masih smart kWh saja,” tutup Yani.

Topik
Penerangan Jalan UmumKota MalangPJU Kota Malangmerawat jenazahBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru