Dukung KH Marzuki Mustamar Maju Sebagai Caketum PBNU, Puluhan Ulama Deklarasi Ini

Dec 11, 2021 17:12
Para ulama yang mendeklarasikan dukungan terhadap KH Marzuki Mustamar Untuk maju sebagai Calon Ketua Umum PBNU (Ist)
Para ulama yang mendeklarasikan dukungan terhadap KH Marzuki Mustamar Untuk maju sebagai Calon Ketua Umum PBNU (Ist)

JATIMTIMES -  Deklarasi dukungan terhadap KH Marzuki Mustamar untuk maju sebagai Calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Caketum PBNU) terus muncul. Kali ini sekitar puluhan ulama melakukan deklarasi dukungan untuk kiai yang saat ini merupakan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur itu.

 

Adanya deklarasi dukungan ini dibenarkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Metal Moeslim Al Hidayat di Desa Rejoso Lor, Pasuruan, Jawa Timur, KH Nurkholis Almaulani. Deklarasi dilakukan Sabtu (11/12/2021). 

"Inggih (ada deklarasi dukungan untuk KH Marzuki Mustamar)," ungkapnya.

Baca Juga : Keren, Dosen FH UB Ini Jadi Salah Satu Anggota Asosiasi Ilmuwan Muda Indonesia

 

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam deklarasi dukungan terdapat 60 sampai 70 kiai yang satu pemahaman memberikan dukungan untuk pengasuh pondok pesantren Sabilurrosyad itu maju sebagai calon Ketua Umum PBNU.

"(Dukungan) ada yang dari Madura, ada dari pengurus cabang (PC)," tuturnya.

1

Dalam deklarasi, secara bersama-sama para ulama berjajar dengan dipimpin KH Nurkholis Almaulani, mendeklarasikan  dukungan pada calon alternatif Ketua Umum PBNU Marzuki Mustamar. 

Menyikapi pelaksanaan Muktamar ke-34 yang diadakan di Lampung 23 sampai 25 Desember 2021 GPNU menyampaikan pandangan sebagai berikut : 

1. Mendukung penuh pelaksanaan muktamar ke-34 di Lampung yang damai dan sejuk tanpa ada campur tangan kekuasaan dan kepentingan politik, serta bebas dari proses negosiasi transaksional yang tidak sesuai dengan ciri khas akhlakul karimah warga NU dalam menentukan pimpinan. 

2. Memohon kepada Rais am terpilih pada muktamar ke-34 di Lampung untuk menimbang, menolak, membatalkan calon yang telah atau jika terbukti melakukan praktek yang tidak sesuai dengan melakukan intimidasi politik maupun transaksional, mempengaruhi konstituen baik PW maupun PC agar pemilih kepada salah satu calon yang dimaksud.

3. Meminta dan menegaskan kepada almukarom drs KH Marzuki Mustamar, untuk bersedia maju sebagai calon Ketua Umum PBNU dan siap berkhidmat untuk kepentingan NU kedepan jika terpilih dalam ke-34 di Lampung demi terciptanya suasana NU yang lebih santun, bermartabat dan berbudaya akhlakul karimah.

Baca Juga : Warung Wakaka, Tempat Nongkrong Kekinian Hadirkan 200 Menu Masakan dengan Citarasa Lokal

 

4. Memanggil hati nurani kepada seluruh konstituen atau pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan benar sesuai kaidah yang telah diamanatkan NU, tanpa ada unsur paksaan dari manapun yang nantinya akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT dan di hadapan para muaziz, pendiri Nahdlatul Ulama.

5. Dengan berlandaskan aqidah Aswaja an-nahdliyah serta ciri khas Islam nusantara, diharapkan kepada semua pihak untuk mentaati segala keputusan dari hasil Muktamar NU ke 34 di Lampung dengan hati yang ikhlas ridho dan tawaduk.

Sebelumnya, Gus Nurkholis sapaan akrabnya menyampaikan, sebagai warga Nahdliyin, ia menginginkan agar NU selamat dari politik uang dan kekuasaan. NU lahir dari sebuah harokah yang Ingin menegakkan ahlusunnah waljamaah an nahdiyyah yang akhlakul karimah.

"Jadi di dalam NU tidak ada perebutan kekuasaan, tidak ada perebutan kepentingan, yang ada adalah merawat kepentingan ahlussunah waljamaah akhlakul karimah," tuturnya.

Dibutuhkan pemimpin yang mampu membentuk karakter masyarakat Indonesia yang memiliki karakter jiwa Islam Nusantara. Karenanya, pihaknya peduli dengan mendorong pemimpin yang layak untuk memimpin NU. Saat ini, NU membutuhkan pemimpin yang betul-betul bisa mengakomodasi pekerjaan rumah yang selama ini belum terjawab dan terselesaikan.

Dan sosok calain pemimpin tersebut menurutnya adalah KH Marzuki Mustamar. KH Marzuki Mustamar merupakan sosok yang bisa diterima disegala barisan dan disegala lini. Ia juga merupakan sosok juga mampu berkomunikasi dengan baik dikalangan kultur dan struktur. Hal ini tentunya mencegah adanya gorengan bahasa yang menciptakan suasana NU ke arah negatif atau fitnah, akan semakin kecil ketika dipimpin olah orang mengakomodasi semuanya

Topik
KH Marzuki Mustamartoilet disabilitasporprov 2022deklarasi dukungan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru