Ciptakan Peluang Bisnis, KKN-T Unikama Beri Ibu-Ibu PKK Pelatihan Telur Ayam Asin

Dec 11, 2021 07:39
Mahasiswa KKN-T Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang mendorong pemberdayaan masyarakat di kalangan Ibu PKK Desa Pakis Jajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. (Ist)
Mahasiswa KKN-T Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang mendorong pemberdayaan masyarakat di kalangan Ibu PKK Desa Pakis Jajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mendorong pemberdayaan masyarakat di kalangan Ibu PKK Desa Pakis Jajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Melalui pelatihan yang diberikan, yakni terkait pembuatan produk telur asin, tepatnya di basecamp KKN-T yang belokasi di Dusun Robyong RW 10 Desa Pakis Jajar, masyarakat didorong untuk memanfaatkan peluang usaha tersebut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program kerja yang kami susun, yaitu pengolahan telasin, telur ayam asin. Teknis pelaksanaannya dengan melakukan sosialisasi sekaligus mempraktikkan cara pembuatan telur asin dari telur ayam supaya didapatkan rasa asin dan kemasiran yang pas," ungkap Irma Setyowati, ketua kelompok KKN-T.

Adanya pelatihan tersebut memang bukan tanpa alasan. Pembuatan telur asin ini relatif mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah didapatkan. Misalnya telur ayam, bata merah, garam krasak, dan air.

Pembuatannya dimulai dari menghancurkan bata merah hingga halus,  kemudian dicampurkan dengan garam krasak dan air dengan perbandingan 4:2:2. Setelah bahan tercampur, kemudian aduk hingga benar-benar merata. Selanjutnya, masukkan telur tersebut ke dalam bahan campuran tadi.

1

" Langkah terakhir rendam telur ayam selama 14 hari. Sebelum dikonsumsi, jangan lupa cuci telur di air bersih dan rebus hingga matang," jelas Irma.

Dra Retno Marsitin MPd, dosen pembimbing KKN-T, menambahkan, apa yang dilakukan para mahasiswa KKN-T Unikama ini merupakan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat.  

Adanya materi pelatihan diharapkan membuat masyarakat, khususnya kaum ibu PKK, lebih produktif lagi hingga kemudian berimbas pada kesejahteraan masyarakat. "Syukur-syukur materi yang kita berikan hari ini bisa menambah income keluarga," tuturnya.

Sementara itu, Tini, salah satu peserta pelatihan, menyambut antusias inisiasi pelatihan yang dilakukan mahasiswa KKN-T Unikama ini. Sebab, pelatihan ini berbeda. Jika umumnya yang digunakan untuk membuat telur asin adalah telur bebek, namun kali ini yang digunakan  telur ayam.

"Saya tertarik untuk ikut. Biasanya telur asin dari telur bebek. Nah iki kok beda, dari telur ayam. Ini mau coba di rumah," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
unikama malangKuliah kerja nyata tematik UnikamaPembuatan telur asin dari telur ayamBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru