Alexa Ditutup Per 1 Mei 2022, Berikut 10 Situs Pemeringkat Lainnya

Dec 10, 2021 09:28
Situs Pemeringkat Alexa Ditutup Per 1 Mei 2022 (Foto: support.alexa.com)
Situs Pemeringkat Alexa Ditutup Per 1 Mei 2022 (Foto: support.alexa.com)

JATIMTIMES - Amazon memutuskan untuk menutup situs pemeringkat web Alexa.com dalam waktu dekat. Melalui pengumuman dari situs Alexa.com, situs yang sudah beroperasi selama 20 tahun lebih itu akan ditutup mulai 1 Mei 2022. 

Keputusan untuk menutup situs Alexa.com ini tampaknya disebabkan lalu lintas organik Alexa yang dilaporkan terus menurun. "25 tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Selama lebih dari dua dekade Alexa membantu Anda menemukan, mendapatkan, dan mengubah audiens digital Anda. Kami akan menghentikan layanan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan layanan kami sebagai tempat meriset konten, melakukan analisis, meneliti keyword, dan masih banyak lagi," demikian keterangan resmi dari situs Alexa.com. 

Pengumuman penutupan situs pemeringkat Alexa ini juga ada di laman resmi Amazon. "Saat ini kami harus membuat keputusan sulit, yakni menghentikan Alexa.com," tulis Amazon.

Alexa.com merupakan salah 1 situs pemeringkat web yang selama ini menjadi rujukan pengguna, agensi digital, hingga perusahaan untuk mengetahui performa aset digital mereka di internet.

Situs ini memberikan layanan pemeringkat secara gratis, namun sebenarnya mereka juga memiliki layanan Software as a Service (SaaS) berlangganan.

Lantas apa situs pengganti setelah Alexa.com resmi ditutup? 

Ternyata, ada beberapa situs pemeringkat web yang ada di internet. Setelah Alexa.com tutup, pengguna bisa menggunakan 10 layanan pemeringkat web alternatif sebagai berikut:

1. Similarweb.com
2. Semrush.com
3. Ahrefs.com
4. Moz.com
5. Compete.com
6. Trafficestimate.com
7. Statbrain.com
8. Statsaholic.com
9. Internettrafficreport.com
10. comscore.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
peringkat alexaalexa.comalexa tutupamazon

Berita Lainnya

Berita

Terbaru