Khasiat Cengkeh dalam Minuman untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Sehatkan Hati

Dec 10, 2021 08:18
Cengkeh (Foto: Orami)
Cengkeh (Foto: Orami)

JATIMTIMES - Berbagai rempah memiliki khasiat alami bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni cengkeh. Tak cuma dengan bau harumnya, tapi cengkeh juga memiliki khasiat saat dijadikan campuran dalam minuman.

Cengkeh sendiri termasuk rempah yang sangat berharga, bahkan dahulu cengkeh dianggap lebih mahal dibandingkan emas. Aroma dan rasa harum khasnya mampu membuat rasa makanan menjadi lebih lezat.

Tak heran, rempah berbentuk bunga ini sering dijadikan campuran dalam masakan. Tidak terkecuali untuk jenis makanan penutup atau pun minuman. Mencampur cengkeh ke dalam makanan atau minuman bukan hanya memberikan sensasi rasa dan aroma saja, tetapi juga manfaat sehat untuk tubuh.

Melansir melalui Web MD, cengkeh mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Cengkeh juga kaya kandungan antioksidan sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu mencegah kanker, menangkal radikal bebas serta menjaga kesehatan fungsi liver.

Berikut manfaat dari cengkeh dan cara mengonsumsinya:

1. Meredakan peradangan

Cengkeh mengandung betakaroten yang sangat tinggi. Salah 1 jenis antioksidan ini berperan optimal untuk menjaga kesehatan mata. 

Cengkeh juga berperan meredakan dan mencegah peradangan karena sifatnya antiinflamasi. Rempah ini mengandung banyak senyawa yang bersifat anti-inflamasi. 

Eugenol salah satunya yang paling penting, zat tersebut terbukti mengurangi respons peradangan dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi dan membantu meredakan gejalanya.

2. Menangkal radikal bebas

Eugenol juga merupakan antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas, yang merusak sel dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Secara tidak langsung, cengkeh juga mencegah timbulnya berbagai penyakit dan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Radikal bebas bisa berasal dari berbagai hal, termasuk paparan polusi dari kendaraan bermotor. Radikal bebas, bukan hanya menyebabkan penyakit kardiovaskular namun juga merusak kesehatan kulit. 

Hingga akhirnya dapat menimbulkan efek pada kulit yang menjadi kering, keriput dan muncul flek hitam.

3. Menjaga kesehatan hati

Cengkih ternyata juga bisa menjaga dan memaksimalkan fungsi hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa eugenol yang ditemukan dalam cengkeh bisa membantu mengurangi tanda-tanda sirosis hati dan penyakit hati berlemak.

Dengan mengkonsumsi cengkeh secara rutin, maka kamu menjaga kesehatan hati. Tapi tentu saja hal ini harus diiringi dengan pola makan sehat, konsumsi air putih dengan cukup dan menjauhi minuman alkohol.

4. Kandungan cengkeh

Cengkeh termasuk jenis rempah yang tinggi mineral, termasuk di dalamnya mangan. Mangan dapat membantu tubuh mengelola enzim yang membantu memperbaiki tulang dan memproduksi hormon.

Mangan juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Cengkeh juga mengandung kalium, Beta karoten, vitamin K.

Dalam 1 sendok teh cengkeh terkandung 6 kkal kalori, 1 gram protein, 1 gram lemak 1 gram karbohidrat, 1 gram serat dan kurang dari 1 gram gula.

5. Cara mencampur cengkeh dalam minuman

Cengkeh dapat dikonsumsi sebagai bumbu campuran pada masakan, tapi juga bisa dikonsumsi secara praktis dengan cara mencampur dalam minuman. Campuran cengkeh dengan air putih bisa dijadikan minuman konsumsi sehari-hari.

Cara membuat air cengkeh yakni dengan menyiapkan 1 sendok makan cengkeh kering lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Rebus air dan bubuk cengkeh sampai mendidih, angkat dan nikmati selagi hangat.

Cengkeh juga bisa dicampur dengan rempah lain seperti kayu manis, kemudian tambahkan madu sebagai pemanis alami.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
cengkehmanfaat cengkehcara mengolah cengkeh

Berita Lainnya

Berita

Terbaru