Anak Muda Asal Bawean Berhasil Raih Juara 1 Nasional Lomba Baca Kitab Kuning PKS

Dec 09, 2021 20:14
Sholihan bersama Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan. (Foto: Istimewa)
Sholihan bersama Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Anak muda kelahiran tahun 2000 bernama Sholihan berasal dari Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur berhasil meraih Juara 1 Nasional Lomba Baca Kitab Kuning (LKKB) ke-5 yang digelar oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pemuda tersebut menang setelah mengalahkan 22 peserta lainnya.

Dalam perjalanannya, Sholihan yang berhasil mengalahkan 417 peserta lain dari perwakilan tiap Kabupaten/Kota di Jawa Timur ini pun membuat bangga daerah asalnya, secara umum DPW PKS Jawa Timur. 

Sholihan mengaku tidak pernah membayangkan menjadi pemenang LBKK ke-5 yang digelar oleh PKS ini. Bahkan Sholihan mengaku pesimis dalam perlombaan membaca Kitab Fatchul Muin, kitab Fiqh yang menjadi rujukan hampir semua pondok pesantren di Jawa Timur.

"Saya tidak pernah membayangkan menjadi juara nasional. Awalnya saya pesimis, tapi semua panitia di PKS Jatim ini berharap saya menang. Alhamdulillah," ujar Sholihan. 

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Benar saja, Sholihan pun telah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk menuju final LBKK Ke-5 ini. Setidaknya, selama 40 hari Sholihan hanya membaca Kitab Fatchul Muin.

"Selama 40 hari saya tidak pernah memegang kitab lain selain Fatchul Muin, oleh karenanya saya sudah separuh hafal kitab ini," kata Sholihan yang sebelumnya pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Al-Hidayah, Kediri. 

Saat perhelatan final LBKK ke-5 ini pun Sholihan tampak lancar dan jelas dalam pelafalan pembacaan Kitab Fatchul Muin ini. Semua juri yang hadir pun turut memuji pembacaan Sholihan atas Kitab Fatchul Muin. 

KH Muslih Abdul Karim bahkan berharap Sholihan akan jadi kiai besar. "Insya Allah jadi kiai besar di Jawa Timur," ujarnya.

Tidak berhenti disitu, salah satu dewan juri yakni KH Ali Akhmadi juga memuji kepiawaian Sholihan dalam menjawab pertanyaan dengan tepat dengan singkat. "Cakep!" kata Kiai Ali.

Kemudian dewan juri yang lain yakni KH Syuhada Syarkoun saat memberikan pertanyaan kepada Sholihan tampak puas dengan jawaban yang diungkapkan oleh Sholihan. "Kamu itu sudah lengkap paketnya, pertanyaan saya ini agar menambah nilai saja," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan yang terus mendampingi delegasi dari Provinsi Jawa Timur dalam ajang LBKK ke-5 ini berharap agar kemenangan yang telah diraih Sbolihan dapat menjadi penyemangat para santri di Jawa Timur maupun Indonesia.

"Kami berharap Mas Sholihan ini menjadi ulama besar ke depannya," kata Irwan. 

Lebih lanjut, Irwan mengaku sudah merasa yakin bahwa Sholihan dapat meraih gelar juara sejak penampilannya di Semi Final LBKK ke-5 di DPW PKS Jawa Timur. Pihaknya juga mengajak seluruh pengurus dan anggota PLS di Jawa Timur untuk berdoa agar Provinsi Jawa Timur dapat meraih gelar juara nasional LBKK selanjutnya.

Topik
Lomba Baca Kitab KuningPartai Keadilan SejahteraPKS Jawa TimurJawa TimurBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru