KB Samsat Talangagung Diserbu WP di Hari Terakhir Pemutihan

Dec 09, 2021 13:34
Proses pembayaran pajak oleh salah satu WP di hari terakhir program pemutihan. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Proses pembayaran pajak oleh salah satu WP di hari terakhir program pemutihan. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kantor Bersama (KB) Samsat Talangagung diserbu para wajib pajak (WP) di hari terakhir program pemutihan, Kamis (9/12/2021). 

Program pemutihan ini merupakan yang kedua kalinya digelar di 2021 ini. Pertama, April hingga Juni dan kedua sejak Oktober hingga Desember. 

Adanya program pemutihan denda dan diskon pajak kendaraan bermotor benar-benar dimanfaatkan masyarakat pada hari terakhir ini. Hal tersebut terlihat dari panjangnya antrean WP yang akan menuntaskan kewajiban pajaknya. 

Namun ternyata, puncak membeludaknya gelombang WP ini tidak terjadi pada Kamis (9/12/2021), namun terjadi pada Senin (6/12/2021) lalu. 

"Waktu Senin kemarin hampir 3.000 wajib pajak. Itu rekor. Kemarin antrean yang mau gesek itu sampai jembatan," ujar Adpel KB Samsat Talangagung Fatkurrozi, Kamis (9/12/2021).

Dari pantauannya, para WP ini memang benar-benar memanfaatkan program pemutihan. Bahkan dirinya juga menyebut bahwa ada sejumlah WP yang memang menunggu program pemutihan. 

Hal tersebut juga ia tunjukan dengan jumlah WP rata-rata yang membayar pajak per harinya, yang menurutnya ada peningkatan. Jika dipersentase, peningkatannya sekitar 20 persen hingga 30 persen dari hari biasa tanpa ada program pemutihan. 

"Hari-hari mendekati penutupan itu rata-rata 2.000 wajib pajak. Kalau sebelumnya, antara 1.000-an WP. Itu termasuk yang pajak tahunan, pajak 5 tahunan dan balik nama. Kalau hari normal antara 700 sampai 800 wajib pajak," terang pria yang akrab disapa Fatkur ini. 

Sementara untuk perolehannya, menurut Fatkur sudah mencapai target sejak Rabu (8/12/2021) lalu. Di mana targetnya sebesar Rp 180 miliar untuk pajak kendaraan bermotor (PKB). Sedangkan jika ditotal dengan hari terakhir, diperkirakan capaiannya sudah sekitar 101 persen.

"Kalau target PKB saja Rp 180 miliar, per tanggal 8 Desember pukul 10.00 WIB kemarin sudah terpenuhi 100 persen lebih. Mungkin sampai hari terakhir ini sudah 101 persen," pungkas Fatkur.

Topik
Samsat Talangagungwilayah rawan banjirberita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru