Kota Malang Raih Penghargaan Forikan Terbaik 2021

Dec 09, 2021 11:23
Penyerahan penghargaan Forikan Terbaik Kota Malang oleh Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin (paling kanan) pada acara Darasehan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2021. (Foto: Diskominfo Kota Malang for MalangTIMES)
Penyerahan penghargaan Forikan Terbaik Kota Malang oleh Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin (paling kanan) pada acara Darasehan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2021. (Foto: Diskominfo Kota Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES - Prestasi terus diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Kali ini, Kota zpendidikan tersebut berhasil meraih Forikan Terbaik pada ajang Forikan Award 2021.

Penghargaan itu didapatkan lantaran Kota Malang berperan aktif dalam pembentukan Forikan sampai ke tingkat kecamatan. Hal ini semakin menguatkan program pemerintah untuk terus mengajak masyarakatnya gemar makan ikan.

forikan2b59a3c940b344947.jpg

Hal itupun juga mengacu pada Surat Keputusan Wali Kota Malang Nomor: 188.45/171/35.73.112/2021 tentang Pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Malang Tahun 2021-2023. Ini menjadi salah satu prioritas, serius dalam meningkatkan gizi warga Kota Malang dengan cara gemar makan ikan.

"Ini prestasi luar biasa. Gemar makan ikan itu menjadi keharusan karena banyak vitamin yang dihasilkan dari makan ikan,” kata Wali Kota Malang Sutiaji.

Meski,l Kota Malang tidak memiliki laut, dikatakan Sutiaji bukan menjadi penghalang bagi masyarakat untuk terus mengonsumi ikan. Sebab, banyak nutrisi dalam ikan bagi perkembangan tubuh.

Karena itu, perlu juga adanya inovasi olahan ikan agar anak-anak yang tidak biasa makan bisa lebih tertarik. Sehingga, kondisi anak akan lebih sehat dan terhindar dari stunting.

"Gemar mengonsumsi ikan bisa memengaruhi tingkat stunting di Kota Malang. Hal itu salah satu cara kami untuk mencegah stunting akibat kebutuhan gizi tidak terpenuhi," imbuhnya.

Lebih jauh,  Ketua Umum Forikan Kota Malang Widayati Sutiaji mengatakan, dengan penghargaan ini, pihaknya tidak akan berhenti untuk terus mengajak masyarakat agar gemar makan ikan. Berbagai cara dilakukan. Salah satunya menjalin berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencegah stunting ini.

forikan167886f12d651e705.jpg

“Forikan Kota Malang adalah salah satu mitra TP PKK Kota Malang melalui Dispangtan (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) Kota Malang. Kami terus berusaha dan berupaya mengampayekan kepada warga Kota Malang agar gemar makan ikan," ujarnya.

Perempuan yang juga menjabat ketua TP PKK Kota Malang itu mengungkapkan, kampanye gerakan gemar makan ikan ini akan memberikan hasil yang memuaskan. Yang awalnya ada anak-anak yang tidak suka makan ikan, akhirnya penasaran dan ingin makan ikan. "Dengan kampanye ini, kami memiliki tujuan agar terpenuhinya gizi anak-anak di Kota Malang," tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dispangtan Kota Malang dan Ketua Harian Forikan Kota Malang Sri Winarni menyatakan, prestasi ini hasil dari kerja keras semua pihak yang terlibat dalam Forikan. Sehingga, Kota Malang dinobatkan sebagai Forikan Terbaik oleh Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin pada acara sarasehan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2021.

Anugerah ini sebagai pemicu agar program untuk mengajak masyarakat mengonsumsi ikan terus semakin optimal. "Melalui penghargaan ini, mudah-mudahan menjadi pendorong kami untuk lebih giat lagi mengampanyekan gerakan makan ikan kepada masyarakat," pungkasnya.

Topik
Forikan TerbaikPerluasan lahan bandaraPemkot MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru