Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Aneh dan Viral, Ada Satu Rumah yang Utuh di Tengah Bangunan Rusak akibat Erupsi Gunung Semeru

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Dec - 2021, 09:49

Satu-satunya rumah yang utuh saat erupsi Semeru. (Foto: IST)
Satu-satunya rumah yang utuh saat erupsi Semeru. (Foto: IST)

JATIMTIMES - Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 lalu telah meluluhlantakkan banyak bangunan. Namun siapa sangka, terdapat sebuah rumah yang tetap berdiri kokoh di tengah reruntuhan bangunan lainnya. 

Penampakan rumah itu pun viral di media sosial TikTok. Video itu awalnya diunggah oleh pemilik akun TikTok @Rendra.  "Satu-satunya rumah yg selamat di Kampung Renteng, Rumah Pak Roh," tulis keterangan pada video itu. 

Video itu hanya menunjukkan rumah yang penuh dengan debu dan kotoran. Namun masih berdiri kokoh dan bagus dibandingkan rumah-rumah lain yang hancur akibat erupsi Semeru. 

Rumah milik Pak Roh ini seakan menyimpan sejumlah rahasia ilahi. Sebab, awan panas tak singgah sedikitpun ke dalam rumah tersebut.

Terlihat pula perabotan rumah yang juga masih utuh dan ada sejumlah foto di dinding rumah. Bahkan ada pula sepasang burung Love Bird yang masih hidup.  Kedua burung terlihat bertengger di dalam sangkarnya. 

Kemudian ada pula kolam ikan di sebelah kanan rumah yang juga tidak rusak.  Tidak pula terlihat ada abu vulkanik yang masuk ke kolam ikan itu. 

Keajaiban rumah itu pun masih menjadi teka-teki di masyarakat.  Apa lagi, rumah milik warga asal Madura itu berada di tengah pemukiman warga di Dusun Renteng, di mana semuanya hancur dan menewaskan sebagian penghuninya.

Tak ayal, video rumah Pak Roh ini pun menjadi perbincangan warganet. Banyak warganet yang turut bersyukur karena masih ada rumah yang selamat. 

"Alhamdulillah rumah tersebut bisa selamat. Semoga bisa awet sampe anak cucu ke bawah, amiinn ya Allah, amiinn," ungkap akun TikTok @ifan212. 

"Gila berdebu banget ya... Tapi enggak apa-apalah yang penting itu enggak hancur. Semoga yang punya rumah juga selamat ya," kata akun @endah_maenmaen.

"Yg punya rumah ibadahnya bagus, sering sholat& baca kuran, subhanalloh," tutur akun @Eka Rianti.

"Bukan berarti yang ga selamat ibadahnya kurang. jangan salah, mereka juga syahid sudah bahagia di syurga. intinya semua punya hikmah masing2," ujar akun @akunetijenbaikhati.

"Masa allah kuasa allah sampai merinding gini," kata akun @Freddy Ovet. 

"Masya Allah. di sini juga pernah waktu ada banjir bandang, ada 1 rumah yg sama sekali tdk tersentuh pdhl rumahnya samping sungai yg lain kena banjir," tambah akun  @Res Nov.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni