Muktamar NU Resmi Digelar sesuai Jadwal Awal di Lampung

Dec 08, 2021 09:15
PBNU (Foto: Facebook)
PBNU (Foto: Facebook)

JATIMTIMES - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan bahwa muktamar ke-34 resmi digelar pada 23-25 Desember 2021. Jadwal ini sesuai dengan jadwal awal. Tempatnya juga tetap: di Lampung.

"Maka pelaksanaan Muktamar Ke-34 di Lampung tanggal 23-25 Desember insya Allah akan dapat berjalan  bersama kita semua," kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini.

Helmy mengatakan keputusan ini dibuat tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang membatalkan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 3 di seluruh daerah pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru). 

Sebelumnya, PBNU membatalkan jadwal 23-25 Desember itu karena pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 se-Indonesia mulai 24 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022 untuk mencegah penyebaran covid-19 dalam libur Nataru. Sempat terjadi polemik mengenai jadwal muktamar, antara dimajukan atau ditunda. Sehingga PBNU mengadakan konferensi besar (konbes) untuk menentukan jadwal muktamar pada 7 Desember di Jakarta.

"Wabah virus covid-19 perkembangannya semakin membaik sehingga pemerintah menarik kembali kebijakan PPKM Level 3," ujar Helmy. 

Konbes NU juga turut dihadiri oleh Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, hingga Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

Diketahui, Said Aqil dan Yahya Staquf merupakan dua kandidat  ketua umum PBNU yang akan bersaing dalam Muktamar Ke-34 NU nanti. Namun, ada juga calon lain seperti Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar yang banyak didukung kalangan akar rumput (grass root). 

Topik
Muktamar NUPBNUDoa tidak sombong

Berita Lainnya

Berita

Terbaru