Sepanjang Oktober, KPPBC Tipe Madya Malang Tindak 69 Kasus Peredaran Rokok Ilegal

Dec 07, 2021 20:52
Kepala KPPBC Tipe Madya Malang, Gunawan Tri Wibowo. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala KPPBC Tipe Madya Malang, Gunawan Tri Wibowo. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sebanyak 69 penindakan terhadap peredaran rokok ilegal dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Malang. Jumlah penindakan tersebut dilakukan sepanjang Oktober tahun 2021 ini. 

Jumlah tersebut dari 165 penindakan di bidang cukai yang dilakukan oleh KPPBC Tipe Madya Malang. Dimana cakupan wilayahnya yakni se-Malang Raya. 

"Kalau sepanjang Oktober itu, nilai potensinya sekitar Rp 6,5 Miliar ya. Ada sekitar 165 penindakan di bidang cukai. Hasil tembakaunya 69 penindakan. Tidak hanya di Kabupaten Malang," ujar Kepala KPPBC Tipe Madya Malang, Gunawan Tri Wibowo. 

Pihaknya pun juga melakukan berbagai upaya untuk dapat terus menekan peredaran rokok ilegal. Selain melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pihaknya juga melakukan operasi-operasi lapangan untuk menindak kios-kios yang kedapatan menjual rokok tanpa cukai atau rokok polos.

"Terutama untuk toko supaya tidak menjual rokok ilegal. Karena sangat merugikan masyarakat. Karena rokok ilegal itu kan tidak melalui uji laboratorium untuk mengetahui kadar TAR dan Nikotinnya. Itu kan berbahaya bagi masyarakat," terang Gunawan. 

Selain itu, menurut Gunawan, peredaran rokok ilegal secara tidak langsung juga mengganggu penerimaan negara. Di mana hal tersebut juga dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi negara. 

"Kita melakukan operasi bersama Pemkab Malang untuk memberikan efek jera dan shock therapy, bagi toko-toko yang menjual rokok ilegal," tegas Gunawan. 

Pihaknya pun menilai bahwa upaya yang selama ini dilakukan untuk menekan peredaran rokok ilegal juga cukup efektif. Setidaknya, hal tersebut menjadi fokusnya, untuk dapat menguatkan pembagunan ekonomi negara.

"Karena penerimaan (cukai) itu penting untuk pembangunan ekonomi kita," pungkas Gunawan. 

Topik
rokok ilegalCukai Rokok IlegalKabupaten Malangtrauma pelecehanBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru